Sukses

Kaleidoskop Sains 2013: Bencana dari Langit dan Bumi

Tak ada ramalan kiamat heboh seperti tahun lalu. Tapi apa yang terjadi di Rusia dan Filipina lebih ngeri dari sekedar nurbuat.

Tahun 2013 memang relatif adem ayem. Tak ada ramalan menghebohkan seperti tahun lalu, saat manusia cemas menanti  apakah benar pada 21 Desember 2012, pukul 11.11 GMT atau 18.11 Waktu Indonesia Barat, dunia bakal kiamat seperti 'ramalan' Suku Maya?Namun, apa yang terjadi pada Jumat 15 Februari 2013 di Chelyabinsk, Rusia lebih mengerikan dari sekadar nurbuat. Pagi itu, sesaat sebelum jarum jam menunjukkan pukul 09.30, bola api luar biasa terang tiba-tiba melesat turun dari langit. Lalu...Duar!!! Ledakan meteorit itu merusak ratusan bangunan dan melukai 1.200 orang.Secara kebetulan, tak saling terkait, insiden yang terjadi di Rusia hanya selang beberapa jam dengan peristiwa mendekatnya Asteroid 2012 DA14 yang memiliki lebar 45 meter. Batu angkasa melayang dalam jarak relatif dekat dengan bumi yakni 27.000 kilometer. Dengan titik terdekat berada di Indonesia.Dua peristiwa yang berdekatan itu kembali mengingatkan manusia, betapa rentannya kita dari ancaman bencana yang diakibatkan benda-benda langit dari angkasa luar.  Juga dari kekuatan Bumi itu sendiri. Seperti yang terjadi pada Selasa 24 September saat gempa 7,8 SR yang memunculkan pulau baru di Pakistan. Pun pada Jumat 8 November 2013: amukan Topan Haiyan di Filipina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Next

Januari 2013Misteri Bahtera Nabi NuhAkhir b'aktun 13 kalender hitung panjang (long count) Suku Maya ternyata tak ada pengaruhnya bagi manusia dan alam semesta. Tak terjadi kiamat seperti yang diramalkan. Selesai dengan ramalan Suku Maya, ternyata masih banyak hal yang belum terungkap manusia. Salah satunya adalah misteri keberadaan bahtera Nabi Nuh. Seperti dikisahkan dalam kitab suci tiga agama -- Islam, Kristen, dan Yahudi -- sekitar 4.800 tahun lalu, dunia dilanda bencana mahadahsyat untuk menyadarkan umat manusia: banjir raksasa.Sebelumnya, Tuhan memerintahkan Nabi Nuh untuk membangun sebuah bahtera untuk mengangkut manusia yang beriman dan segala jenis hewan.Bencana pun terjadi, hujan turun 40 hari 40 malam, lautan luber, dunia tenggelam, termasuk puncak-puncak gunung, membinasakan sebagian besar mahluk hidup. Setelah bencana mereda, binatang dilepaskan, manusia membangun kembali kehidupannya. Namun, tak ada penjelasan sama sekali, di mana persisnya bahtera itu menyelesaikan misinya.Para arkeolog, ilmuwan, sejarawan, para petualang, dan pemeluk agama ramai-ramai mencarinya. Dan kebanyakan mengarah ke satu titik: Gunung Ararat di Turki. Misteri Birdmuda TriangleMisteri lain adalah soal 'Birdmuda Triangle', plesetan dari 'Segitiga Bermuda'.  Seperti diketahui, Segitiga Bermuda adalah wilayah laut di dalam garis imajiner yang menghubungkan tiga wilayah yaitu Bermuda, San Juan-Puerto Rico, dan Miami di Amerika Serikat. Yang tenar akibat tragedi hilangnya sejumlah pesawat dan kapal laut. Namun, Birdmuda Triangle adalah lokasi di mana merpati lenyap secara misterius, di sejumlah lokasi di New York. Padahal, merpati adalah burung pintar. Daya ingatnya kuat, kemampuan navigasinya mumpuni, ia juga mampu kembali ke sarangnya meski pergi jauh dan dalam waktu lama. Para ahli pun melakukan penelitian ilmiah.Misteri Harta Karun Kaisar ChinaHarta karun tersembunyi, makam kaisar yang dipasangi perangkap mematikan, para arkeolog yang gugup. Terdengar seperti tugas khusus untuk Indiana Jones.... tapi ini adalah kisah nyata. Para arkeolog baru-baru ini menemukan kompleks pemakaman kaisar pertama Cina, Qin Shihuang di Xi'an, ibukota Provinsi Shaanxi, termasuk reruntuhan istananya. Ini adalah salah satu temuan arkeologi paling menantang, setelah makam Firaun Tutankhamun di Mesir.Berdasarkan catatan kuno, makam megah berusia 2.200 tahun itu dipenuhi harta karun yang tak ternilai harganya. Bahkan kubah makam konon bertahtakan permata.Sebaliknya, catatan yang sama juga mendeskripsikan sisem keamanan yang luar biasa lagi menakutkan, untuk menjaga makam dari para penjarah kubur. Secara terpisah, para arkeolog juga menemukan makam budak yang jadi perdana menteri perempuan pertama di Tanah Tiongkok. Baca juga: Kubur `Pengawal Alam Baka`, Kaisar China Terinspirasi Yunani?

3 dari 13 halaman

Next

Februari 2013Prediksi 'Kiamat' BaruLagi-lagi soal isu kiamat. Keputusan mundur Paus Benediktus XVI yang mengejutkan, asteroid 2012 DA14 yang melayang dekat Bumi, dan meteorit yang tanpa peringatan meledak di langit Kota Chelyabinsk, Rusia menimbulkan kekhawatiran, di suatu titik, kehidupan bisa saja berakhir.Sejumlah tanggal "kiamat" baru pun mengemuka: 2020, 2040, 2060, dan 2080. Dilengkapi dalihnya masing-masing. Salah satu tanggal yang ditawarkan bahkan diklaim diprediksi ilmuwan besar, Sir Isaac Newton. Simak selengkapnya di tautan ini.Baca juga: VIDEO: Petir Menyambar Vatikan Usai Paus Nyatakan MundurMencari Planet AlienUsaha manusia untuk menemukan planet kembaran Bumi belum berakhir, di dalam maupun nuh jauh di luar tata surya. Februari lalu ilmuwan mengumumkan potensi keberadaan sejumlah planet yang mirip Bumi, letaknya bahkan di 'halaman belakang' tata surya kita. Relatif dekat -- dalam istilah astronomi tentunya.Planet-planet yang berpotensi dihuni mahluk hidup itu hanya berjarak 13 tahun cahaya. Untuk diketahui 1 tahun cahaya setara dengan 9.460.730.472.580 km.Planet-planet itu mengorbit bintang katai merah (red dwarf stars). Tim ilmuwan Harvard mengatakan, karena bintang katai merah punya masa hidup lebih lama ketimbang bintang mirip Matahari, jika ada kehidupan alien di sana, ia lebih tua dan lebih berkembang daripada yang ada di muka Bumi. Baca juga: Ditemukan! `Planet Alien` Berwarna Biru Mirip Penampakan BumiLedakan Meteorit di Langit RusiaDua kejadian ini mengingatkan pada manusia, betapa rentannya Bumi. Pertama, meteorit meledak di langit Kota Chelyabinsk, Pegunungan Ural, Rusia yang  menyebabkan 1.200 orang terluka.Ini adalah bencana meteor terdahsyat setelah insiden Tunguska pada 1908 lalu. Yang terbesar dalam kurun waktu seabad atau 100 tahun.Ledakan itu bukan main-main. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengestimasi, meteor tersebut sebesar bus dan beratnya setidaknya 7.000 ton. Sementara kekuatannya setara dengan 20 bom atom yang pernah meluluhlantakkan Hiroshima pada Perang Dunia II.Terimakasih pada perisai bumi atau atmosfer yang masih bekerja baik. Bencana maut bisa terhindarkan. Meteorit itu sampai ke bumi hanya beberapa jam sebelum Asteroid 2012 DA 14 melayang di dekat Bumi, dalam jarak 17.000 mil Jumat malam, atau Sabtu dini hari pukul 02.00 WIB. Titik terdekat di atas langit Indonesia. Baca juga: Dahsyat! Gelombang Kejut Meteorit Rusia 2 Kali Kelilingi Bumi

4 dari 13 halaman

Next

Maret 2013'UFO di Yaman'Tak hanya langganan ke langit Inggris dan Amerika Serikat, UFO juga diduga "mampir" di Jazirah Arab. Tepatnya di Yaman.Tanpa sengaja, seorang pemuda asal Yaman mengabadikan benda terbang aneh yang diduga sebagai UFO. Berbentuk segitiga berwarna keputihan yang terbang tertutup awan.Aseel Badiyan, pemuda itu, awalnya menggunakan kameranya untuk memfoto pegunungan yang terletak 90 kilometer dari ibukota Sanaa. Tiba-tiba sebuah obyek aneh melesat dan tertangkap lensa kameranya. Benarkah itu UFO? Simak selengkapnya di tautan ini. Baca juga: Pengakuan 3 Astronot tentang UFO, Sengaja Ditutup-tutupi AS?Partikel Tuhan dan KiamatOrganisasi Riset Nuklir Eropa (CERN) mengonfirmasi bahwa partikel yang diumumkan penemuannya pada 4 Juli 2012 lalu adalah Higgs boson atau "partikel tuhan". Terkait dengan konfirmasi ini, isu kiamat kembali mencuat. Kali ini dikaitkan dengan partikel Higgs dan teori tentang medan Higgs, medan dimana partikel bergerak dan memperoleh massa.Massa Higgs boson adalah 126 kali massa proton. Massa itu, berdasarkan perhitungan ilmuwan, ialah massa yang kira-kira dibutuhkan untuk menciptakan ketidakstabilan semesta serta memicu bencana di masa depan.Baca juga: Bisakah Manusia Ciptakan Black Hole Pemicu `Kiamat` Bumi?Jabat Tangan, Alat Kelamin Pria 'Dicuri'Laporan pencurian kelamin pria menyebar bak epidemi di Afrika Barat dan Tengah selama dua dekade terakhir. Yang dianggap penduduk lokal, menjadi kebangkitan sihir di benua itu.Namun, para antropolog menilai lain. Peristiwa itu dianggap sebagai respon terhadap ekonomi global yang semakin membingungkan dan berubah ubah. Manifestasi dari kecemasan yang muncul ketika sebuah desa berubah menjadi kota. Di mana masyarakat pedesaan menemukan diri mereka hidup di antara kerumunan orang asing.

5 dari 13 halaman

Next

April 2013Segitiga Bermuda, UFO Hingga 'Rumah Iblis'Sejumlah kapal dan pesawat dilaporkan hilang tanpa jejak selama berabad-abad di sebuah area segitiga raksasa yang menghubungkan Bermuda, Florida, dan Puerto Rico: Segitiga Bermuda. Bahkan, Christopher Columbus, di masa awal penjelajahannya ke Dunia Baru pada 1492, adalah yang pertama mencatat soal anomali di sekitar segitiga imajiner itu. Bagaimana Segitiga Bermuda menyandera imaji manusia hingga saat ini, simak sejarahnya di sini. Baca juga: Ada Kutukan "Segitiga Bermuda" di Laut Karibia?Penjelajah Waktu di Tahun 1938Terlihat dalam sebuah film hitam-putih, seorang perempuan mengenakan gaun bergaya era 1930-an, berjalan di kerumunan, bersama orang-orang memakai pakaian dengan mode serupa. Rekaman itu diklaim diambil di sebuah pabrik milik raksasa industri AS, Dupont, di tahun 1938.Ia terlihat bicara sendiri, tangan kanannya terangkat, sebuah benda menempel di telinganya. Saat ia menurunkan tangannya, terlihat jelas perangkat yang ia gunakan memiliki ukuran dan bentuk mirip ponsel era modern.Aksi perempuan misterius itu terekam dalam cuplikan film hitam putih dari tahun 1930-an. Judulnya, "Time traveler in 1938 film" -- penjelajah waktu dalam film tahun 1938. Videonya yang diunggah di situs YouTube sudah ditonton lebih dari 300 ribu kali.Teori konspirasi pun berkembang liar. Ada yang menganggapnya sebagai bukti keberadaan penjelajah waktu yang kembali ke masa lalu. Yang terpergok menggunakan teknologi canggih yang baru ditemukan bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun kemudian. Benarkah?Baca juga: Kisah `Penjelajah Waktu` yang Mengaku Datang dari Tahun 20366 Fakta Manusia Hobbit dari Indonesia Hobbit, manusia bertubuh kecil seperti dalam karya fantasi J.R.R Tolkien atau mirip tokoh kerdil dalam film 'Lord of The Ring', Frodo Baggins ternyata tak sepenuhnya fiktif. Salah satu buktinya ada di negeri kita sendiri. Sebuah gua di Pulau Flores, Liang Bua menguak eksistensi manusia hobbit, yang ukurannya mini, jauh lebih kecil dari manusia kebanyakan. Nama ilmiahnya, Homo floresiensis.Penemuannya menjadi berita utama hampir satu dekade lalu dan terus menjadi kontroversi hingga saat ini. Berikut fakta mahluk kontroversial, yang memukau dunia sains. Baca selengkapnya di tautan ini. Baca juga: Misteri Wajah Manusia Hobbit Asal Flores Terkuak

6 dari 13 halaman

Next

Mei 2013Kejutan Bunker 'Kiamat' Bunker tak hanya dibikin untuk mengantisipasi isu 'kiamat maya'. Ruang persembunyian itu juga populer di tengah ancaman perang nuklir. Di masa Perang DinginSalah satu bunker berada di wilayah Neenah, Wisconsin, di halaman rumah keluarga Zwick.Namun baru pada 2010 lalu, mereka memutuskan untuk membuka tutup palka bajanya, menuruni tangga yang sudah berkarat, dan mengeksplorasi bunker berukuran 2,4 meter x 3 meter yang dibangun pemilik sebelumnya, untuk berlindung dari malapetaka yang mungkin terjadi akibat serangan nuklir Uni Soviet. Apa saja di dalamnya? Baca selengkapnya di tautan ini.Baca juga: Skenario `Kiamat` Baru, Suhu Bumi Naik Dimulai dari ManokwariGerhana Matahari 10 Mei Sebagian wilayah Indonesia mengalami Gerhana Matahari Sebagian  (GMS) pada Jumat 10 Mei 2013 pagi hari. Namun, di Samudra Pasifik, Australia, Singapura, dan Filipina bagian Selatan, terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC). Baca selengkapnya di tautan ini. Ledakan Dahsyat Meteorit di BulanMeteorit menabrak Bulan pada 17 Maret 2013, dengan kecepatan 90.000 kilometer per jam dan menciptakan kawah baru selebar 20 meter. Ledakan yang tercipta bahkan bisa disaksikan dengan mata telanjang manusia yang kebetulan sedang menyaksikan satelit bumi saat itu.Para ilmuwan memperkirakan, batu yang menghantam Bulan berukuran lebar 0,3 sampai 0,4 meter. Beratnya mencapai 40 kilogram. Dan ledakan yang dihasilkan sekuat 5 ton bahan peledak TNT.Mengapa batu kecil bisa membuat Bulan tambah bopeng? Itu karena satelit planet manusia itu tak seberuntung Bumi yang memiliki perisai berupa atmosfer yang tangguh.Apa yang tampak dari Bumi dalam bentuk manusia atau kelinci bulan, sejatinya bopeng yang disebabkan peristiwa berskala besar, termasuk gempuran meteorit dan tabrakan asteroid.Baca juga: Jurus Pamungkas Tangkal Kiamat Asteroid Menurut Bos NASA: Berdoa

7 dari 13 halaman

Next

Juni 2013Lebih Ngeri dari `Kutukan` Segitiga BermudaSoal lautan, belum ada yang mengalahkan reputasi Segitiga Bermuda dalam hal kemisteriusan juga horor. Segitiga imajiner yang menghubungkan Bermuda, San Juan - Puerto Rico, dan Miami di Amerika Serikat itu sarat dengan kisah-kisah kecelakaan yang aneh dan belum bisa dijelaskan penyebabnya.Namun, dalam studi yang dirilis WWF baru-baru ini, Segitiga Bermuda tak masuk dalam daftar laut paling berbahaya di muka bumi, dari sisi jumlah kecelakaan kapal maupun tingkat bahaya bagi manusia dan kehidupan laut.Lantas, laut apa saja yang lebih berbahaya dari Segitiga Bermuda? Baca selengkapnya di sini.Pria China Menemukan `Alien`Seorang pria di China mengklaim telah menemukan alien di dekat rumahnya. Pak Li, sapaan pria tersebut, mengaku mendapat sesosok jasad makhluk luar angkasa itu di samping rumahnya di sekitar Sungai Kuning, Binzhou, Provinsi Shangdong. Li Kai lalu mengungkap foto-foto "alien" mati yang disimpan di lemari pendingin rumahnya, geger tak terelakkan. Padahal, semuanya ternyata bohong besar!Namun kisahnya akhirnya terbukti bohong belaka saat polisi mengumumkan, mahluk mengerikan itu nyatanya tiruan alien berbahan karet buatan rumahan, dengan rangka dari kawat. Untuk membuat alien itu, Li mengeluarkan dana sekitar 120 yuan atau Rp 192 ribu.Kepolisian Shandong juga mengungkapkan, Li telah mengakui bahwa ceritanya itu adalah hoax, dibikin-bikin. Namun, apa sebenarnya motivasi Li berfantasi kebablasan masih diselidiki.Misteri Hidung Pesawat Penyok Pesawat penumpang milik maskapai China, Air China dipaksa mendarat darurat setelah mengalami tabrakan dengan "obyek asing" di tengah penerbangan, di ketinggian 26 ribu kaki atau 7.924 meter.Apapun benda itu, dampak tabrakan terpampang nyata. Hidung pesawat jenis Boeing 757 rute Chengdu-Guangzhou itu penyok, melesak ke dalam, penuh goresan, dan cat yang terkelupas sebagian.Kondisi abnormal pesawat bahkan terlihat dengan jelas saat burung besi itu mendarat. Untungnya tak ada korban dalam peristiwa tersebut.Investigasi yang dilakukan para ahli terkait penyebab tabrakan, menemukan sejumlah hal mencurigakan. Yang mengarah pada dugaan pesawat membentur "benda asing". Diduga kuat bukan burung. Sebab, tak ada bulu atau bercak darah di hidung pesawat yang "pesek".Kondisi pesawat dan detil yang menyebar akhirnya menimbulkan spekulasi liar di jagad maya. Sejumlah pengguna internet menduga, penyebab tabrakan adalah UFO. Ada juga yang mengira obyek lain yang lebih membumi: pesawat tak berawak atau drone.

8 dari 13 halaman

Next

Juli 201310 Lukisan Mengandung Kode RahasiaKemampuan para maestro dunia, semisal Leonardo da Vinci, Michelangelo, dan Caravaggio tak perlu diragukan. Tak hanya keindahan karya mereka yang memukau sepanjang massa, tapi juga misteri yang diyakini terkandung di dalamnya -- dalam bentuk kode-kode yang kini sedang terus payah diungkap artinya oleh para detektif seni. Salah satunya, kode rahasia di mata Mona Lisa. Penasaran, baca selengkapnya di tautan ini.Asal Usul Emas dari Luar AngkasaHingga saat ini kita hanya mengetahui, emas -- logam mulia yang harganya tinggi dan langka -- diambil dari tambang-tambang logam mulia. Namun, tahukah Anda, asal usul logam berharga mahal itu lebih rumit dan kompleks dari yang dikira selama ini. Melibatkan peristiwa kosmik dahsyat yang diduga hanya terjadi setiap 10.000 tahun sekali.Asal usul emas di alam semesta juga menjadi misteri di kalangan ilmuwan. Apalagi, ia tak terbentuk di dalam bintang, seperti halnya elemen lain yang lebih ringan, misalnya karbon dan besi.Namun, misteri itu bisa jadi telah terpecahkan. Sebuah studi baru menyimpulkan, tabrakan dua bintang neutron -- ledakan bintang kecil yang berinti sangat padat -- yang mati, bisa mengkatalisasi pembentukan logam berharga itu.Baca juga: Ilmuwan Temukan Pohon `Ajaib` yang Sedot Emas dari BumiSosok Makhluk Misterius BigfootMitos atau cerita rakyat adalah milik semua budaya. Tak terkecuali Barat, yang menyanjung tinggi rasionalitas. Salah satunya, tentang keberadaan makhluk legendaris yang disebut Bigfoot atau "si kaki besar".Penampakan makhluk mirip kera besar sempat terekam kamera video milik penjelajah di Kanada.Makhluk yang ada dalam rekaman yang diambil di gurun di Mission, British Columbia itu memang mirip penampakan Bigfoot yang sering digambarkan dalam cerita: tinggi, besar, dan berbulu hitam lebat.Di Amerika Utara, Bigfoot juga dikenal dengan nama lain yakni Sasquatch. Makhluk serupa juga ditemukan di belahan dunia lain, dengan sebutan Yeti di  Tibet dan Nepal, Yeren di China dan Yowie di Australia.Tak hanya menyingkap lebatnya pepohonan hutan dan mendaki ke gunung, pencarian Bigfoot juga melibatkan teknologi canggih. Baca juga: Seorang Pria Mengklaim Punya Bukti Keberadaan Monster Bigfoot

9 dari 13 halaman

Next

Agustus 2013`Monster Laut` Bertanduk di SpanyolDalamnya laut menyimpan banyak rahasia yang belum terungkap. Ini misalnya: baru-baru ini sesosok bangkai mahluk laut misterius terdampar di pantai Villaricos, Spanyol.Makhluk itu memiliki tanduk, tubuhnya yang putih memiliki panjang 4 meter. Yang unik, ada tanduk di kepalanya yang terlepas dari bagian badan. Apapun itu, bentuknya mirip penggambaran 'monster laut'.Bau busuk yang menguar dari bangkai yang membusuk membuktikan, ia adalah mahluk hidup, bukan benda buatan manusia.10 Ilmuwan Paling Jenius dan `Gila`Sudah jadi rahasia umum, para ilmuwan paling jenius dunia adalah sekelompok "orang aneh". Mungkin keanehan itulah yang membuat mereka menghasilkan karya dan gagasan yang sama sekali tak terpikir oleh orang kebanyakan.Sejumlah ilmuwan dikenal dengan kepribadian mereka yang eksentrik, lainnya polimatik (polymaths) -- kompeten dalam berbagai bidang sampai-sampai tak bisa memahami keterbatasan otak orang lain.Ada pula yang menghabiskan waktu dan segala daya dalam pencarian pengetahuan, kadang licik, dengan hasil menganggumkan atau bahkan menggelikan. Namun, tak ada ilmuwan nyentrik Stephen Hawking dalam daftar tersebut. Baca juga: Satu per Satu Ilmuwan Nuklir India Tewas Misterius... Ada Apa?Potongan Salib Yesus Kristus Para arkeolog yang melakukan ekskavasi di situs gereja kuno di Turki menemukan sebuah peti batu yang berisi relik yang mungkin menjadi bagian dari tiang salib Yesus Kristus.Peninggalan tersebut ditemukan dalam rangka ekskavasi besar-besaran di Gereja Balatlar, yang dibangun tahun 660 Masehi di Provinsi Sinop, dekat Laut Hitam.Gulgun Koroglu, associate professor dari Mimar Sinan Fine Arts University, Turki, sekaligus pemimpin ekskavasi menduga kuat, artefak yang ditemukan timnya terkait dengan penyaliban Yesus.Baca juga: Paus Fransiskus Bicara Soal Misteri 'Kain Kafan Yesus'

10 dari 13 halaman

Next

September 2013Pusaran Air Setara `Black Hole`Black hole adalah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi luar biasa besar yang menarik segala sesuatu di dekatnya. Tak ada yang bisa lolos, cahaya sekali pun.Dan kini, para ilmuwan menemukan fitur mirip lubang hitam di Bumi. Tepatnya di selatan Samudera Atlantik. Apakah itu?Para ilmuwan dari ETH Zurich dan University of Miami berpendapat, sejumlah pusaran laut terbesar di wilayah ini secara matematis setara dengan lubang hitam misterius di angkasa.Itu berarti, apa yang dilakukan pusaran di lautan sama dengan apa yang lubang hitam lakukan pada cahaya. Pusaran air raksasa, yang diameternya bisa mencapai 90 mil atau 145 kilometer, dikelilingi air dengan pola melingkar. Apapun yang terjebak di dalamnya tak mungkin lolos.Keberadaan pusaran air dilaporkan meningkat di Southern Ocean menyusul peningkatan aliran air hangat dan asin ke utara. Baca juga: Kekuatan Mengagumkan `Lubang Hitam` Raksasa Tertangkap KameraDaya Tahan Bumi Sebelum `Kiamat` DatangBerdasarkan penanggalan radiometrik meteorit, usia Bumi lebih dari 4,54 miliar tahun. Planet tempat manusia bergantung hidup sudah teramat tua, rusak, lagi padat. Pertanyaannya, sampai kapan Bumi mampu bertahan sebelum kiamat -- yang waktunya sepenuhnya jadi hak prerogatif Tuhan -- terjadi? Sebuah studi terbaru yang dilakukan University of East Anglia, Inggris memperkirakan, Bumi masih mampu menopang kehidupan setidaknya selama 1,75 miliar tahun mendatang. Tapi syaratnya, selama bencana dahsyat akibat nuklir, tubrukan asteroid raksasa, dan malapetaka lain tak terjadi.Namun, bahkan tanpa skrenario kiamat sedramatis itu, kekuatan astronomi akan memaksa Bumi tak lagi bisa dihuni. Suatu masa antara 1,75 miliar hingga 3,25 tahun lagi, Bumi akan keluar dari zona layak huni (habitable) dalam Tata Surya ke 'zona panas'. Baca juga: Ditemukan! Gunung `Monster` Terbesar Dunia di Samudera PasifikMisteri Pulau yang Muncul Setelah Gempa PakistanGempa berkekuatan besar 7,8 skala Richter (SR) mengguncang Pakistan, tepatnya di wilayah barat daya negara tetangga India tersebut.Berdasarkan data Badan Survei Geologi AS (USGS), lindu mengguncang pada Selasa 24 September pukul 16.29 waktu setempat pada kedalaman 23 kilometer. Pusat gempa berada 145 mil tenggara Dalbandin, Provinsi Balochistan.Akibatnya sekitar 50 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Sejumlah bangunan pun hancur. Selain itu, ada fenomena luar biasa yang terjadi akibat gempa, yakni munculnya sebuah pulau misterius dari dasar laut.Saat didekati, permukaan pulau itu  kasar, banyak mengandung lumpur. Di beberapa bagian terdiri dari pasir kasar dan halus. Bagian lainnya terdiri dari bebatuan yang padat (solid). Ada ikan-ikan mati di permukaan. Terdengar suara  berdesis gas yang keluar.Bagaimana pulau baru bisa muncul setelah gempa di Pakistan? Baca selengkapnya di tautan ini.

11 dari 13 halaman

Next

Oktober 2013`Ular Laut` di California, Pertanda Gempa Dahsyat?Dua oarfish raksasa ditemukan di pantai California, Amerika Serikat hanya selang beberapa hari. Ikan mirip ular sepanjang 4,3 meter ditemukan di kota Oceanside, 5 hari setelah penemuan spesimen yang lebih besar (5,5) meter di Pulau Santa Catalina.Temuan dua makhluk yang dijuluki 'ular laut' itu memicu rumor di media sosial. Sebagian pengguna internet mengaitkannya dengan pertanda gempa. Terutama terkait mitos di Jepang yang mengaitkan penampakan oarfish yang langka dengan aktivitas tektonik.Apalagi, California beberapa kali diguncang lindu hebat. Misalnya pada Rabu, 18 April 1906, gempa dengan kekuatan hampir 8 skala Richter mengguncang San Francisco, California dan pantai California Utara. Dipicu pergeseran lempeng San Andreas. Juga gempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter di Baja, California pada  Minggu 4 April 2010. Hujan Berlian di Saturnus dan YupiterSudah diungkap sebelumnya, emas juga berlian berasal dari luar Bumi melalui perantaraan batu-batu angkasa. Seperti Popigai Astroblem, kawah besar bekas tabrakan asteroid 35 juta tahun lalu di Siberia, Rusia -- yang menyimpan berlian triliunan karat yang bisa menyuplai pasar dunia selama 3.000 tahun!Namun, jika jumlah berlian di Bumi terbatas, di angkasa luar justru melimpah. Bahkan, menurut para ilmuwan berlian yang cukup besar untuk dipamerkan bintang film Hollywood, menghujani planet Saturnus dan Yupiter. Dalam arti sebenarnya.Baca juga: Kisah Stanislav Petrov Selamatkan Dunia dari `Perang Nuklir` 1983Danau Ubah Hewan Jadi BatuDanau natron di Tanzania menyimpan rahasia mematikan. Di satu sisi ia menjadi lokasi kawin dan berkembang biak bagi 2,5 juta Lesser Flamingoes (Hoenicopterus minor) yang terancam punah. Burung berkaki panjang itu bisa dengan tenang menyantap alga spirulina, terlindung dari para predatornya.Namun, bagi hewan lain, perairan di utara Tanzania itu bak neraka. Danau alkali dangkal -- dengan kedalaman kurang dari 3 meter itu adalah kuburan bagi ribuan burung dan hewan kecil. Bahkan si flaminggo yang tak hati-hati bakal matiBangkai mereka seakan dicelupkan dalam adonan semen. Jadi batu.

12 dari 13 halaman

Next

November 2013Hewan Misterius Mirip Cacing Raksasa Warga Kamboja dikejutkan oleh penemuan hewan tak biasa. Media asal jepang yang fokus pada hal-hal aneh, Karapaia merilis sebuah video penampakan hewan aneh yang menyerupai cacing raksasa.Makhluk itu ditemukan di sebuah kebun di Kamboja. Ratusan warga langsung memadati lokasi tempat ditemukannya hewan aneh tersebut.Baca juga: Ini 5 Hutan Paling Angker dan Mengerikan di DuniaTopan `Monster` Haiyan dari Luar AngkasaBahkan dari ketinggian 36.000 kilometer di atas Bumi, Topan Haiyan terlihat dahsyat. Apalagi, dampak yang ditimbulkan di sebagian wilayah Filipina: bangunan yang rata dengan tanah, jasad-jasad yang bergelantungan di pepohonan. Mereka yang selamat pun harus mengalami kondisi menyedihkan. Haiyan mungkin menjadi yang terkuat yang pernah menerjang. Topan 'monster' tersebut dapat dilihat di sebelah kanan gambar komposit yang dihasilkan satelit milik Badan Meteorologi Jepang dan EUMETSAT -- lembaga Eropa yang memonitor cuaca dan iklim. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kemudian juga merilis zona merah Topan Haiyan. Topan Haiyan Mirip Tsunami AcehTopan Haiyan menyerbu sejumlah wilayah di Filipina Jumat 8 November 2013. Dampaknya sangat dahsyat. Ribuan orang tewas. Rumah-rumah pun hancur rata tersapu angin super kencang.Besarnya efek Topan Haiyan ini disamakan dengan bencana tsunami pada 2004 silam yang menimpa kawasan Samudra Pasifik, di mana dampak terbesar terjadi di Aceh.Baca juga: Perbandingan Topan `Monster` Haiyan dan Tsunami Aceh 2004

13 dari 13 halaman

Next

Desember 2013Ular dan Anjing `Penjaga Gerbang Neraka`Hampir setahun lalu, para arkeolog menguak keberadaan 'Gerbang Neraka'. Situs yang terletak di Turki tersebut -- yang dikaitkan dengan mitos dan legenda -- resminya disebut dengan istilah 'Pluto's Gate' atau Gerbang Pluto. Berupa gua yang dipenuhi asap mematikan yang bisa menyebabkan kematian cepat bagi siapa saja yang bernyali masuk ke dalamnya."Ruang tersebut penuh dengan uap dan sangat berkabut, sampai-sampai tanahnya tak terlihat. Hewan apapun yang memasukinya niscaya mati dengan cepat," demikian ditulis sejarawan Yunani, Strabo pada tahun 24 Masehi. Kini, untuk kali pertamanya mereka menyaksikan 'sang pejaga neraka'.Baca juga: `80 Perempuan Muda Jadi Tumbal Pembangunan Tembok Kota Kuno`Sungai dan Danau Berubah Jadi `Kolam Darah`Roman Podbrezova sedang berolahraga pagi, jalan-jalan menyusuri jalan Kota Myjava, Slovakia, dekat perbatasan Republik Ceko. Saat melihat aliran sungai yang membelah pusat kota, pria 65 tahun itu kaget bukan kepalang.Ia melihat air sungai berubah menjadi merah tua, mirip darah. Tak hanya warnanya yang terlihat mengerikan. Sungai itu berubah drastis hanya dalam semalam.Fenomena serupa juga pernah terjadi di Sungai Beirut (Nahr Bayrut) di Lebanon, Sungai Yangtze di China, dan sebuah danau di Texas Barat, Amerika Serikat. Mengapa demikian? Baca selengkapnya di tautan ini. Baca juga: Ada Bangkai Kapal di Danau Misterius 'Segitiga Bermuda' ChinaSuara Misterius dari Eks Menara WTCRabu dini hari yang makin dingin oleh rintik hujan. Jarum jam menunjuk ke pukul 03.15. Seorang warga Tribeca, Kenny Cummings terbangun dari tidurnya karena mendengar suara aneh, sayup-sayup mirip lolongan.Suara itu diduga datang dari kompleks bekas menara kembar World Trade Center (WTC) yang hancur akibat serangan teroris pada 11 September 2001.Kenny merasa bulu kuduknya berdiri. Merinding. Menurut dia, suara yang terdiri dari 'dua nada' itu terdengar selama berjam-jam. Jangan dulu berimajinasi tentang hal-hal mistis. Suara itu sama sekali tak ada kaitannya dengan kejadian tragis teror 9/11 yang menewaskan ribuan orang.Baca juga: Ada Penampakan Wajah `Malaikat 9/11` di Puing Tabrakan WTC (Ein/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini