Sukses

Wow! Diduga Ada 'Planet Alien' yang Dekat dengan Bumi

Diduga ada planet alien yang terletaknya di 'halaman belakang' tata surya kita. Hanya 13 tahun cahaya.

Usaha manusia untuk menemukan planet kembaran Bumi belum berakhir, di dalam maupun nuh jauh di luar tata surya.

Ada dua alasan yang melatarbelakanginya: membuktikan ada kehidupan lain di jagad raya, sekaligus mencari alternatif tempat tinggal jika Bumi rusak dan tak lagi bisa menopang kehidupan.

Baru-baru ini para ilmuwan mengumumkan potensi keberadaan sejumlah planet yang mirip Bumi, letaknya bahkan di 'halaman belakang' tata surya kita. Relatif dekat, dalam istilah astronomi tentunya.

Planet-planet yang berpotensi dihuni mahluk hidup itu hanya berjarak 13 tahun cahaya. Untuk diketahui 1 tahun cahaya setara dengan 9.460.730.472.580 km.

Planet-planet itu mengorbit bintang katai merah (red dwarf stars). Tim ilmuwan Harvard mengatakan, karena bintang katai merah punya masa hidup lebih lama ketimbang bintang mirip Matahari, jika ada kehidupan alien di sana, ia lebih tua dan lebih berkembang daripada yang ada di muka Bumi.

Astronom Harvard sekaligus penulis utama studi, Courtney Dressing, yang mempresentasikan temuan tim di pusat astrofisika, Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics mengatakan, "Awalnya kami pikir harus mencari ke tempat yang amat jauh untuk menemukan planet serupa bumi."

"Namun, kini kami menyadari, kembaran Bumi mungkin ada di halaman belakang kita, menanti untuk ditemukan," kata dia, seperti dimuat Daily Mail (6/2/2013).

Jika diibaratkan galaksi Bima Sakti seukuran Amerika Serikat, 13 tahun cahaya setara dengan berjalan-jalan di Central Park, New York. Cuma selemparan batu.

Namun, "Manusia tak perlu kloningan Bumi untuk tetap hidup," kata Courtney Dressing, seperti dimuat LiveScience.

Menggunakan Data Kepler

Para peneliti menggunakan data dari teleskop luar angkasa Kepler milik NASA, yang memindai 158.000 bintang secara bersamaan. Untuk mencari planet kembaran Bumi. Kepler mendeteksi planet berdasarkan sinyal  transit -- saat planet melintas di depan sebuah bintang.

Para ilmuwan membatasi kajiannya hanya pada 3.897 sampel bintang katai merah--bintang yang redup dan lebih kecil dari Matahari.

Mereka menemukan, 6 persen dari katai merah punya planet yang berukuran serupa, juga temperatur mirip Bumi. Dan dari sana diketahui, yang terdekat kemungkinan berjarak 13 tahun cahaya.

Dari 95 kandidat planet luar tata surya yang mengitari bintang-bintang cebol itu, tiga dari planet itu diketahui berukuran kira-kira seukuran Bumi dan berada di "zona Goldilocks" di mana air dimungkinkan ada. Ketiganya dianggap bisa menopang kehidupan, relatif hangat dan berukuran mirip Bumi.

Satu planet lebih kecil dari Bumi, dua lainnya lebih besar. Mereka punya orbit lebih kecil dari Bumi, 20 sampai 56 hari.

Meski disebut jaraknya 13 tahun cahaya, ia bisa menjadi 21 tahun cahaya, jika para ilmuwan menerapkan interval 95 persen keyakinan standar untuk perhitungan mereka.

Untuk diketahui, bintang katai merah yang terdekat dengan Bumi adalah Proxima Centauri, yang berjarak 4,2 tahun cahaya dari sistem tiga bintang Alpha Centauri.(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini