Sukses

Demi Kuak Misteri Mona Lisa, Makam Batu Kuno Dibolongi

Para sejarawah yakin, perempuan yang menginspirasi lukisan Mona Lisa adalah Lisa Gherardini Del Giocondo. Pendapat ini akan dibuktikan.

Sebuah makam batu kuno milik keluarga di Florence dibuka untuk kali pertamanya dalam kurun waktu berabad-abad. Demi menguak identitas tulang belulang seorang perempuan yang diyakini sebagai model lukisan paling terkenal dalam sejarah karya Leonardo da Vinci: Mona Lisa.

Para sejarawah yakin, perempuan yang menginspirasi lukisan Abad ke-16 yang kini tergantung di Museum  Louvre, Paris, adalah Lisa Gherardini Del Giocondo, istri seorang saudagar sutra kaya raya asal Italia.

Pembongkaran makam keluarga itu menyusul penemuan kerangka perempuan diduga Lisa Gherardini  di
bekas Gereja Santa Ursula di Florence yang kemudian sempat menjadi pabrik tembakau dan lokasi perlindungan Perang Dunia II.

Lalu apa pasal makam keluarga ikut-ikutan diusik?

Menurut para ahli yang sedang menguak misteri identitas Mona Lisa, sampel yang diambil dari makam keluarga Gherardini di Basilika Santissima Annunziata -- di mana suami dan 2 anak lelakinya dikebumikan-- akan digunakan untuk mengidentifikasi kerangka perempuan diduga Mona Lisa.

Para ahli membuat lubang di makam batu tersebut, cukup untuk dimasuki seseorang. Geolog, Antonio Moretti mengatakan, kerangka yang ada di dalamnya diduga kuat berkaitan dengan Lisa Gherardini.

"Kami sekarang masih melakukan uji karbon-14  pada 3 dari 8 kerangka di Santa Ursula, yang berusia sepantaran  Lisa Gherardini saat meninggal dunia," kata Silvano Vinceti, kepala komite warisan budaya,  Italia, seperti dimuat Dailly Mail, 9 Agustus 2013.

Uji karbon akan menunjukkan, yang mana dari kerangka tersebut yang berasal dari suatu masa di tahun 1500-an.

"Hanya dengan cara itu kita bisa mengetahui mana kerangka yang harus diuji DNA," tambah dia.

Soal lukisan Mona Lisa, diduga, suami Lisa, Francesco Del Giocondo meminta Leonardo da Vinci untuk membuat potret istrinya dalam rangka merayakan kehamilan atau pembelian rumah baru sekitar tahun 1502 dan 1503.

Setelah Francesco meninggal dunia, dikisahkan, Lisa hidup dalam biara. Ia meninggal di usia 63 tahun dan menurut informasi dimakamkan dekat altar biara. Jika ada kecocokan antara tulang diduga Lisa dengan salah satu anggota keluarganya, para ahli selanjutnya akan merekonstruksi wajah perempuan itu berdasarkan struktur tulang dan memperbandingkannya dengan lukisa karya Leonardo da Vinci, Mona Lisa.

"Jika proyek ini sukses, kami akan bisa menjawab 3 pertanyaan yang jadi obsesi para ahli sejarah dan pecinta seni di seluruh dunia," kata Vinceti.

Tiga pertanyaan itu adalah, "Apakah Lisa Gherardini adalah model Monalisa? Atau ada model yang lain? Atau Mona Lisa hanyalah konstruksi fantasi pelukisnya."

Tak hanya senyum enigmatiknya yang memukau dunia. Latar belakang sang maestro Leonardo da Vinci yang seorang  jenius -- dari melukis, memahat, sampai anatomi.

Da Vinci tak hanya dikenal dengan Mona Lisa atau Perjamuan Terakhir, ia juga melahirkan mesin-mesin modern seperti tank, berabad-abad sebelum peralatan itu akhirnya ditemukan.

Da Vinci, adalah sosok manusia dengan predikat lengkap: maestro lukis, pemahat, arsitek, musisi, matematikawan, insinyur, penemu, ahli anatomi, geolog, ahli kartografi, ahli botani, juga penulis handal. Otaknya yang jenius membuatnya dijuluki "manusia ideal" dari era Renaissance.

Jadi, apakah misteri Monalisa, yang dibawa-bawa da Vinci jelang kematiannya dan diyakini sarat simbol rahasia, akan segera terpecahkan? (Ein)

Baca juga: 10 Lukisan Misterius Maestro Dunia yang Mengandung Kode Rahasia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.