Sukses

Warga Malaysia: Aku Yakin Lihat Pesawat MH370 Dekat Andaman

"Itu tampak seperti sebuah pesawat. Sepanjang perjalanan, aku menatap keluar dari jendela pesawat, karena aku tidak bisa tidur.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Misteri apakah pesawat Malaysia Airlines MH370 kecelakaan di Laut Andaman, dan kemudian melayang ribuan kilometer ke Samudera Hindia selatan belum terpecahkan. Namun seorang ibu rumah tangga Malaysia mengaku melihat penampakan seperti pesawat di Laut Andaman, ketika terbang di atasnya.

Ibu rumah tangga itu,  Raja Dalelah Raja Latife, mengklaim melihat pesawat Malaysia Airlines sebagian terendam di perairan kepulauan Andaman. Warga Johor itu melihatnya dalam perjalanan kembali ke Kuala Lumpur, setelah melakukan ibadah umrah ke Mekah pada 8 Maret.

Lalu, wanita berusia 53 tahun itu mengajukan laporan ke polisi pada hari yang sama.

Dalam laporannya, Dalelah mengatakan kala itu ia dalam penerbangan SV2058 dari Jeddah pada pukul 03.30 waktu Saudi (08.30 waktu Malaysia). Dan setelah pesawat terbang melewati kota India selatan Chennai, ia melihat suatu benda aneh di laut.

"Itu tampak seperti sebuah pesawat. Sepanjang perjalanan, aku menatap keluar dari jendela pesawat, karena aku tidak bisa tidur selama penerbangan," ujar ibu beranak 10 itu.

"Bagiku, melihat keluar jendela jika tak bisa tidur selama penerbangan adalah hal bisa. Pada perjalanan pertamaku ke Beijing 2 tahun lalu, aku juga tetap terjaga dengan melihat ke luar jendela," ungkapnya.

Raja Dalelah mengatakan pesawat yang ditumpanginya terbang di atas Samudera Hindia saat ia melihat benda berwarna keperakan di laut. Ia mengetahui posisi tersebut, berdasarkan monitor di depannya yang menunjukkan pesawat itu sedang melintasi Samudra Hindia. Kota terakhir di daratan menunjukkan Chennai.

"Aku telah melihat beberapa pulau-pulau dari jendela sebelumnya. Kemudian aku melihat benda berwarna keperakan. Aku mencoba meneliti dan terkejut melihat apa yang tampak seperti ekor dan sayap pesawat terbang di atas air," urai Dalelah.

Raja Dalelah mengatakan, ia terus melihat dan yakin itu adalah pesawat di laut. "Aku membangunkan teman-teman, tetapi mereka hanya menertawaiku. Seorang pilot juga menertawai informasiku," ucapnya.

"Setiap jalur penerbangan, terutama jarak jauh seperti antara Jeddah dan Kuala Lumpur, ketinggian pesawat akan dipertahankan pada sekitar 35.000 kaki setelah berada di udara," kata pilot yang tak disebutkan identitasnya, saat menanggapi pernyataan Dalelah.

"Ini kira-kira 7 mil di atas permukaan laut. Bagaimana orang bisa melihat apa-apa, seperti perahu atau kapal di tanah dari atas begitu tinggi?" ujar si pilot.

Meski tak ada yang mendukungnya, dan menganggap apa yang dilihatnya hanyalah bualan, Raja Dalelah tetap yakin dengan penglihatannya.

"Aku tahu apa yang kulihat. Aku yakin bahwa aku melihat pesawat. Dan aku tidak akan berbohong. Aku baru saja kembali dari ibadah umrah," paparnya.

Kecewa

"Pesawat itu seperti mengapung di satu sisi, tetapi sebagian besar berada di bawah air. Aku melihatnya dengan jelas waktu itu, sekitar pukul 09.30 (02.00 waktu Malaysia)," rincinya.

Namun ia kecewa, ketika mengatakan hal itu kepada seorang pramugari, jendela yang ia gunakan melihat pemandangan malah ditutup. Dalelah pun disuruh tidur.

Sesampainya di KLIA pukul 04.00, Dalelah pun menceritakan apa yang dilihatnya di laut tadi kepada anak-anaknya. "Menantuku, seorang polisi, yakin bahwa aku telah melihat pesawat terbang dan memintaku untuk mengajukan laporan ke polisi pada hari yang sama, di markas polisi Sentul di Kuala Lumpur," tuturnya.

"Anak-anakku yang lain takut aku bisa ditahan karena memberikan laporan palsu, tentang pesawat yang menghilang di suatu tempat di Laut Cina Selatan. Banyak temanku di penerbangan itu meragukan awalnya, tetapi mereka mulai percaya sekarang bahwa pesawat dilaporkan berbalik dan memasuki Samudra Hindia," pungkas Dalelah. (Yus Ariyanto)

Baca Juga:

Keluarga Penumpang MH370: Informasi Dugaan Tak Ada Gunanya

Keluarga Masih Simpan Harapan Penumpang MH370 Selamat

Keluarga Penumpang Malaysia Airlines: Kita Ingin Tahu Keadaannya

Keluarga Penumpang Pesawat MH370: Anakku Masih Hidup...

Kerabat Penumpang China di MH370 Bikin Heboh di Konferensi Pers

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini