Sukses

Keluarga Penumpang Pesawat MH370: Anakku Masih Hidup...

Jika benar MH370 ditemukan dekat Perth, pesawat itu mungkin tinggal puing. Namun, keluarga dan kerabat penumpang menolak berhenti berharap.

Liputan6.com, Beijing - Perkembangan mengejutkan dari pencarian panjang pesawat Malaysia Airlines datang dari Australia. Berdasarkan data satelit, ditemukan 2 objek diduga Boeing 777-200ER yang raib sejak Sabtu 8 Maret 2014 di perairan sekitar 2.300 km dekat Perth. Yang terbesar berukuran 24 meter. Meski belum terkonfirmasi pasti.

Jika benar itu adalah MH370, burung besi itu mungkin tinggal puing. Namun, informasi anyar itu tak membuat para keluarga dan kerabat berhenti berharap.

Keluarga penumpang asal China bersikukuh, orang-orang yang mereka cintai masih hidup, sembari memantau perkembangan proses pencarian.

Salah satunya Wen Wancheng, ia menolak keras bahwa infomasi temuan baru itu berarti ia telah kehilangan putra kesayangannya. "Anakku masih hidup, masih hidup," kata pria 63 tahun asal Provinsi Shandong itu yang dikutip Liputan6.com dari New Straits Times. "Aku tak percaya kabar itu."

Ada 153 warga China dalam penerbangan MH370. Keluarga mereka menanti kepastian di Hotel Lido, Beijing.

Sementara itu, Zhao Chunzeng, yang menolak menyebut siapa nama kerabatnya dalam penerbangan mengatakan, keluarganya menanti informasi pasti.

"Kami masih menunggu, hanya menunggu. Kami tak akan berkomentar tentang kabar yang belum terkonfirmasi pasti," kata dia.

Saat ditanya apakah kabar yang disampaikan langsung Perdana Menteri Australia, Tony Abbott memiliki arti penting bagi keluarga para penumpang, Zhao menjawab, "Mungkin, namun kami masih harus menanti."

Sementara, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei mengatakan, pemerintahnya mencurahkan perhatian besar terkait kabar terbaru dari Australia.

"Kami siap melakukan langkah-langkah yang relevan terkait kabar terbaru," kata dia.

Sebelumnya, pimpinan otoritas maritim Australia atau Australian Maritime Safety Authority (AMSA) John Young mengatakan, meski ada harapan menemukan MH370, namun pihaknya belum bisa memastikan perihal objek itu.

"Bisa jadi itu adalah kontainer kapal yang jatuh ke laut atau obyek lain," kata dia seperti dimuat situs Radio New Zealand. "Saya tak ingin berspekulasi terkait apa benda itu sebenarnya sebelum kita sampai di sana dan melihatnya langsung." (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Misteri MH370 Berakhir pada Hari Ke-13 di Perairan Perth?

Ukuran Obyek Misterius di Perth Versus Dimensi Pesawat MH370

Pesawat MH370 Terlama Hilang Dalam Sejarah Abad 21

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.