Sukses

Sejumlah Artis dan Politisi Nikmati Uang Haram Wawan?

KPK tak akan berhenti hanya pada penyitaan aset dan dokumen yang berkaitan dengan dugaan pencucian uang Wawan saja.

KPK terus menelusuri kasus dugaan pencucian uang yang dilakukan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Sejumlah aset pun sudah disita penyidik KPK terkait dugaan pencucian uang adik kandung Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu. Dari kendaraan hingga tanah dan bangunan.

Informasi yang dihimpun, sejumlah artis terkemuka di Indonesia bahkan diduga turut menerima aliran dana dari Wawan. Sedikitnya ada 13 nama artis papan atas Indonesia yang terindikasi menerima uang dan barang dari suami Airin Rachmi Diany tersebut.

Para artis yang diduga menerima itu adalah JD, CW, S, PP, R, CA, ID, M, TB, I, RA, H, dan AE. Hal itu kian menguat, saat penyidik KPK menyita Mobil Toyota Vellfire putih B 510 JDC dari kediaman artis Jennifer Dunn di Jalan Bangka, Jakarta Selatan, Rabu 12 Februari 2014.

Meski begitu, Juru Bicara KPK Johan Budi SP belum mengatahui pasti ke mana saja dana hasil pencucian uang Wawan mengalir. Pun termasuk ke sejumlah artis tadi.

"Belum ada informasi soal itu," kata Johan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (13/2/2014).

Satu hal yang pasti, kata Johan, KPK tak akan berhenti hanya pada penyitaan aset dan dokumen yang berkaitan dengan dugaan pencucian uang Wawan. Penelusuran akan terus dilakukan, sebab Wawan ditengarai memiliki lebih dari 100 item yang diduga merupakan hasil pencucian uang.

Tak cuma artis, beberapa anggota DPRD Banten juga diduga ikut menikmati hasil pencucian uang Wawan. Informasi yang beredar, ada 12 anggota DPRD Banten diduga menerima hadiah berupa mobil dari Wawan.

Mereka yang diduga menerima adalah Habib Ali Alwi dari Fraksi PKB diduga menerima mobil Honda CRV, Taufik dari Fraksi Golkar diduga menerima Mini Cooper, dan Adang Supandi dari Fraksi PDIP diduga menerima Honda CRV.

Lalu ada Eddy Yus Amirsyah dari Faksi Partai Demokrat diduga menerima 4 mobil mewah, yakni Jeep Rubicon, Moris, Mercy seri E dan seri R, Ketua DPRD Banten dari Fraksi Partai Demokrat Aeng Haerudin diduga menerima Mercy E300 dan Toyota Alphard, Ketua Pelaksana Harian Badan Anggaran dari Fraksi Partai Demokrat Media Warman diduga menerima Honda CR-V dan Mercy C200.

Sonny Indra Djaya dari Fraksi Partai Demokrat diduga menerima Honda CR-V, Thoni Fathoni Mukson dari Fraksi PKB diduga menerima Land Cruiser Prado dan Toyota Alphard, Agus Puji Raharjo dari Frkasi PKS diduga menerima Mercy C200, Suparman dari Frakasi Golkar diduga menerima Toyota Alphard, Hartono dari Fraksi Partai Golkar diduga menerima Honda CRV, serta Jayeng Rana dari Fraksi Partai NasDem (sudah di-PAW, dulu di PDIP) diduga menerima Mercy E300 dan Jaguar merah.

Pemberian mobil-mobil itu diduga kuat bertujuan untuk mengamankan proyek-proyek Wawan yang didanai dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten. Namun belum ada pernyataan resmi mengenai informasi ini. (Ali/Sss)

Baca juga:

Vellfire Putih dari Wawan, KPK Menanti Klarifikasi Jennifer Dunn

[VIDEO] Wanita Cantik dan Aliran Dana Koruptor

Tak Seperti Biasa, Airin Hanya Sebentar Jenguk Wawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • TPPU adalah singkatan dari Tindak Pidana Pencucian Uang.

    TPPU

  • Wawan

Video Terkini