Sukses

Bogor Diguyur Hujan, Bendung Katulampa Siaga IV

"Debit air di aliran Sungai Ciliwung tersebut akan tiba di Jakarta 12 jam kemudian."

Ketinggian air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Bogor, kembali turun sore ini. Padahal permukaan air di bendung ini sempat menyentuh angka di batas 120 centimeter atau berstatus siaga III pada Sabtu 8 Februari 2014kemarin.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (19/2/2014), sekitar pukul 17.00 WIB, ketinggian air di bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor ini menurun menjadi 70 cm atau siaga IV.

"Turun dari 100 cm jadi 70 cm," kata Kepala Bendung Katulampa, Andi Sudirman kepada Liputan6.com.

Dijelaskan Andi, meski daerah kawasan Puncak Bogor diguyur hujan tadi malam, namun bukan berarti ketinggian air di Katulampa tetap sama.

Sebab, air hujan dari Puncak Bogor diprediksi baru akan sampai di Katulampa malam nanti. Sehingga debit air akan terus bertambah. Mengingat, volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan menjadi 90 ribu liter per detik.

"Dan debit air di aliran Sungai Ciliwung tersebut akan tiba di Jakarta 12 jam kemudian. Untuk itu warga yang berada di pinggiran Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," kata dia.

Lebih jauh, Andi mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan puncak dan juga Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

Hingga saat ini hujan dengan intensitas sedang masih mengguyur Bogor. Bila hujan tidak berhenti selama beberapa jam, dimungkinkan volume air akan bertambah. (Osc/Riz)

Baca Juga

Debit Air Katulampa Naik Siaga 3, Warga DKI Waspada
Jakarta Banjir, Contra Flow dan 3 in 1 Tidak Diberlakukan
Korban Banjir Kebon Baru: Sudah Dikasih Makan, Jangan Nolak




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.