Sukses

Pasien Akibat Banjir Jakarta Capai 22.124 Orang

Pasien akibat banjir sejak sepekan lalu yang ditangani posko kesehatan dan puskesmas telah mencapai angka 20 ribu.

Total pasien akibat banjir yang terjadi sejak sepekan lalu yang ditangani posko kesehatan dan puskesmas mencapai 22.124 orang. Dari jumlah itu, 21 orang merupakan pasien rujukan yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

"Penyakit muncul akibat lingkungan. Memang bagi saya petugas kesehatan harus benar-benar mengawasi dan bawa ke puskesmas terdekat," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati di Jakarta, Selasa (21/1/2014).

Dien mengungkapkan, penyakit yang paling banyak diderita oleh pengungsi korban banjir adalah flu, gatal-gatal, diare dan demam. Sementara daerah banjir yang warganya paling banyak terjangkit penyakit dengan total 1.859 pasien yakni di Grogol Petamburan dan Cengkareng, Jakarta Barat.

Adapun Jakarta Timur merupakan wilayah yang pengungsinya paling banyak dirujuk dengan keluhan penyakit berupa stroke, bayi kejang-kejang dan demam, diare berat, dan asma berat. Semuanya dirujuk ke RS Budi Asih, Kelurahan Cawang.

"Karena wilayah sana itu paling terendam. Kalau kita lihat paling banyak dirujuk itu hari Minggu kemarin, sampai 10 orang. Kemudian Senin 20 Januari ada 5 orang. Sebelumnya, hari Jumat 24 Januari ada 4 pasien dan Sabtu 18 Januari pekan lalu ada 9 orang," urai Dien. (Tnt/Sss)

Baca juga:

`Kebal` Banjir, Sebagian Warga Bantaran Kali Krukut Tolak Pindah
`Jakarta Masih Butuh Jokowi Hingga 5 Tahun ke Depan`
Bekas Landasan Pacu Kemayoran Tergenang, Sedan Tak Bisa Melintas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini