Sukses

Peringati Maulid di Monas, SBY Doakan Korban Banjir Jakarta

SBY menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad bersama Majelis Rasulullah.

Hujan dengan intensitas cukup tinggi sejak Minggu 12 Januari membuat beberapa wilayah di Jakarta banjir. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun mendoakan para korban banjir dan korban Gunung Sinabung, agar dapat teguh mengatasi cobaan bencana alam tersebut.

"Akhir-akhir ini cuaca sedang tidak baik, bahaya banjir, ada juga bencana di tempat lain, mari kita berdoa," ujar SBY saat merayakan Hari Maulid Nabi di Silang Monas, Jakarta, Selasa (14/1/2014).

Presiden ke-6 RI ini juga mengajak para ribuan Majelis Rasulullah SAW yang memiliki kemampuan finansial cukup untuk membantu korban bencana alam. Sebab, saling bantu adalah salah satu ajaran Islam.

"Bagi yang punya rezeki lebih, bantulah. Dengan nilai kesetiakawanan ini (adalah) salah satu ajaran Islam. Bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik," imbau SBY.

Khusus banjir yang menimpa Jakarta, SBY memerintahkan agar dilakukan modifikasi cuaca. Hal itu akan dilakukan Selasa siang nanti pukul 13.00 WIB di Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusumah dan Lanud Pondok Cabe.

Modifikasi cuaca akan dilakukan dengan 2 tahap, metode powder dan flair. Metode powder berguna mempercepat hujan sehingga hujan terjadi di laut, belum sampai di Jakarta. Sementara, flair adalah metode dengan memperlambat hujan atau memandulkan awan hujan.

Terkait korban Sinabung, SBY akan berkunjung minggu depan ke Kabanjahe. Rencana itu diketahui dari Twitter @SBYudhoyono.

"Minggu depan, Insya Allah saya akan berkunjung kembali ke Kabanjahe, utk pastikan penanganan Sinabung & pengungsi berjalan baik. *SBY*," kicau SBY. (Riz/Ism)

Baca juga:

SBY Peringati Maulid Bersama Majelis Rasulullah di Monas
Presiden SBY Kunjungi Pengungsi Gunung Sinabung Pekan Depan
Banjir Jakarta, SBY Perintahkan BNPB, TNI, Polri Bantu Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini