Sukses

Banjir Jakarta, SBY Perintahkan BNPB, TNI, Polri Bantu Jokowi

BNPB akan melakukan rekayasa cuaca untuk membantu Pemprov DKI tanggulangi banjir ibukota.

Banjir yang melanda Ibukota belum juga surut. Jumlah pengungsi terus bertambah. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menginstruksikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantu Gubernur DKI Jokowi menanggulangi banjir.

"Saya menginstruksikan Kepala BNPB untuk membantu penuh Gubernur DKI Jakarta agar bisa menangani banjir ini dengan baik, cepat dan tepat," ujar Presiden SBY melalui akun twitter pribadi, @SBYudhoyono, Senin (13/1/2014).

Selain menginstruksikan BNPB, Presiden SBY juga telah menginstruksikan Polri dan TNI untuk membantu Pemprov DKI menanggulangi banjir. Khususnya masalah tenaga bantuan maupun keamanan.

"Saya juga telah instruksikan Kapolri untuk tingkatkan keamanan masyarakat dan daerah yang terkena banjir, terutama rumah para pengungsi. Panglima TNI juga saya instruksikan untuk kerahkan personel dan truk-truk militer untuk membantu masyarakat di daerah banjir," papar Presiden SBY.

Untuk bantuan kepada para korban banjir, Presiden SBY menekankan agar mengutamakan pengungsi yang mengalami sakit, orang tua, dan anak-anak. "Perhatian pemerintah diutamakan bagi kaum pengungsi, terutama mereka yang sakit, anak-anak dan golongan lanjut usia."

Selain itu, Presiden SBY juga menginstruksikan BNPB agar meluncurkan rekayasa cuaca agar banjir di Jakarta dapat berkurang. "Besok pagi jam 10, BNPB luncurkan teknologi modifikasi cuaca kerjasama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), karena musim hujan ini akan berlangsung 2 bulan ke depan," imbuh Presiden SBY. (Rmn/Ism)

Baca juga:

Dikepung Banjir, 7 Jalan di Jakarta Timur Ditutup
1.500 Warga Kampung Pulo Jatinegara Diungsikan
Kompleks Green Garden Banjir, 3 Halte Transjakarta Ditutup

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini