Sukses

Presiden SBY Kunjungi Pengungsi Gunung Sinabung Pekan Depan

Pengungsi akibat aktivitas Gunung Sinabung, mencapai 24.949. Tak pelak, Presiden SBY pekan depan berencana bertandang ke Kabanjahe.

Aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara meningkat dengan jumlah pengungsi mencapai 24.949 jiwa. Presiden SBY pun menyatakan akan memantau langsung para pengungsi Gunung Sinabung.

"Minggu depan, Insya Allah saya akan berkunjung kembali ke Kabanjahe, untuk pastikan penanganan Sinabung dan pengungsi berjalan baik," kata Presiden SBY seperti ditulis dalam akun Twitter @SBYudhoyono, Selasa (14/1/2014).

SBY menjelaskan, alasannya menjumpai para pengungsi karena erupsi Gunung Sinabung merupakan persoalan pemerintah pusat dan daerah.

"Meskipun baik pusat dan daerah terus menangani permasalahan ini, saya memutuskan untuk meningkatkan pengendalian dan bantuan pusat," tandas SBY.

Jumlah pengungsi saat ini mencapai 24.949 jiwa. Dari catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) jumlah pengungsi itu terdiri dari 7.785 kepala keluarga itu ditampung di 37 titik pengungsian.

5 Di antaranya merupakan lokasi pengungsian baru yakni Jambur Siabang-abang (1.192), Los Lau Gumba (507 jiwa), Lapangan Futsal Lau Gumba (894 jiwa), GBKP Sumbul (311 jiwa), dan Gereja Adven Sumbul (265 jiwa). (Edo/Mut)

Baca juga:
Sinabung Meletus Pengungsi Bertambah Jadi 24949 jiwa
Sinabung Meletus Pengungsi Bertambah Jadi 24949 jiwa
BNPB Nyatakan Letusan Sinabung Bukan Bencana Nasional
Gunung Sinabung Masih Gemetar 25 ribu Warga Mengungsi
Media Inggris Kaki Sinabung yang Diselimuti Abu Mirip Pompeii

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini