Sukses

Terombang-ambing di Perairan Malaysia 5 Hari, 51 WNI Diselamatkan

Sebuah kapal reyot yang membawa puluhan penumpang terombang-ambing di perairan Malaysia. Para penumpangnya adalah WNI.

Sebuah kapal reyot yang membawa puluhan penumpang terombang-ambing di perairan Malaysia. Para penumpangnya adalah warga negara Indonesia (WNI).

"Sebanyak 51 warga Indonesia yang terombang-ambing di laut selama 5 hari. Setelah mesin di perahu reyot mereka rusak. Mereka telah diselamatkan oleh pemerintah Malaysia," demikian dikutip Liputan6.com dari Channel News Asia, Minggu (5/1/2013).

Sementara itu The Star melaporkan, 34 penumpang berjenis kelamin laki-laki. 14 Lainnya perempuan, dan 3 anak termasuk seorang bayi perempuan berusia 2 bulan. Mereka diperkirakan melaut dengan perahu nelayan itu pada tanggal 28 Desember 2013. Mereka diyakini mencoba menyelinap keluar dari Malaysia untuk kembali ke pulau Sumatera Indonesia.

"Tapi kapal mengalami masalah mesin dan terombang-ambing sampai personil maritim Malaysia melihatnya pada hari Kamis 2 Januari 2014, di bagian utara Perak," tulis The Star terkait peristiwa itu.

"Para imigran dalam kondisi lemah karena kelaparan dan terguncang oleh cuaca buruk selama di perahu," ucap Razak Johan, seorang pejabat Badan Penegakan Maritim Malaysia seperti dimuat The Star.

Kini 51 orang penumpang WNI yang terdampar di laut Malaysia itu sedang diselidiki, terkaait percobaan kabur dari Malaysia secara ilegal.

Sekitar 2 juta orang miskin di Indonesia dan dari negara-negara regional lainnya diperkirakan bekerja secara ilegal di perkebunan Malaysia, konstruksi, pabrik dan sektor pekerjaan lain. Mereka sering menggunakan perahu reyot untuk menyelinap keluar dan masuh dari negara Asia Tenggara. Sejak itu pula sering terjadi kecelakaan di laut.

Seperti pada bulan Agustus 2013, 7 WNI meninggal dan 4 lainnya berhasil diselamatkan saat kapal mereka tenggelam di perairan Malaysia dalam perjalanan pulang untuk merayakan Idul Fitri. Sedangkan 33 lainnya dinyatakan hilang. (Tnt)

Lihat Juga:
[VIDEO] Puluhan WNA Afrika Terjaring Razia di Penginapan
[VIDEO] Tabrak Tonggak Besi, Kapal Cepat Tenggelam di Sungai Musi
[VIDEO] Hilang 10 Hari, 2 Kapal Kargo di Surabaya Belum Ditemukan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.