Sukses

[Resolusi 2014] Menjadi Pribadi yang Lebih Baik bagi Orangtua

Mungkin semua orang memiliki keinginan yang sama. Siapa yang tidak ingin menyenangkan orangtua?

Citizen6, Lumajang: Apa resolusimu tahun ini? Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang lumrah ketika akan memasuki pergantian tahun. Ketika ditanya seperti itu, saya bingung untuk menjawabnya. Ketika itu masih belum bisa menentukan, mana yang menjadi prioritas utama.

Namun, seiring bertambahnya usia, saya mulai tahu dimana saya berdiri dan hal apa saja yang ingin saya capai. Tahun ini saya memiliki satu resolusi yaitu menjadi pribadi yang bermanfaat, khususnya bagi orangtua.

Mungkin semua orang memiliki keinginan yang sama. Siapa yang tidak ingin menyenangkan orangtua? Namun, hal ini menjadi luar biasa bagi saya, ketika saya merasa belum memberikan prestasi yang sensasional. Untuk itu, pada tahun yang baru ini, saya berusaha untuk lebih rajin dalam menuntut ilmu. Memang mudah untuk berkata-kata, tetapi praktiknya sungguh susah. Banyak sekali godaan untuk malas, apalagi saya merantau sendiri di kota orang.

Dari sini, saya mulai mengubah mindset, bahwa orangtua tidak pernah malas mendoakan anaknya untuk sukses, tapi mengapa yang didoakan malah berleha-leha? Nilai akademik maupun nonakademik tidak menjamin masa depan, namun, untuk seorang pelajar, nilai akademik adalah salah satu tolok ukur prestasi yang nyata.

Selain itu, saya akan berusaha mengasah bakat yang ada. Selama ini saya terlalu malas dan malu untuk menunjukkan bakat di depan umum. Tetapi, seperti kata Raisa di dalam iklan, jika kita tidak menunjukkan bakat, kapan kita akan berkilau?

Seorang dosen pernah berkata, bahwa dalam dunia perkuliahan, orangtua bertindak sebagai konsumen. Jadi, menurut ilmu yang saya pelajari, hendaklah konsumen dapat dipuaskan dengan produk atau jasa yang dibuat oleh produsen, sehingga konsumen dapat percaya pada produsen. Ketika kepercayan itu diberikan, semua urusan akan berjalan dengan lancar. Analogi inilah yang seharusnya dilakukan oleh semua pelajar, yaitu melakukan hal terbaik untuk konsumen (orangtua). (mar)

Penulis
Inggit Kresna Maharsih
Lumajang, maharxxx@gmail.com

Baca juga:
[Resolusi 2014] Bisa Menulis dengan Hati
[Resolusi 2014] Menjadi Entrepreneur
[Resolusi 2014] Jadwal Mengusir `Titik Jenuh`


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 3 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com, Dyslexis Cloth, dan penerbit dari Gramedia bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.