Sukses

Puan Maharani: Anggaran Kartu Indonesia Sehat Jokowi Sudah Siap

Puan Maharani yakin, Kartu Indonesia Sehat dan Indonesia Pintar andalan Jokowi tersebut bisa diluncurkan pekan depan.

Liputan6.com, Jakarta - Baru beberapa hari dilantik, jajaran menteri di Kabinet Kerja langsung menggelar rapat koordinasi terkait program andalan Presiden Jokowi, yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani yakin, 2 program tersebut bakal bisa diluncurkan pekan depan.

Puan mengatakan, anggaran untuk KIP dan KIS sudah tersedia lewat Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Kemenkeu pada periode sebelumnya telah mengakomodasi. Dengan Kemenkeu di pemerintahan Jokowi-JK juga sudah disiapkan, sehingga tidak ada masalah," ujar Menko Puan usai menggelar rakor di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (29/10/2014).

Meski anggaran telah tersedia, Puan menegaskan, masih banyak yang menjadi persoalan.

"Berapa besarnya dan tahapannya, masih didiskusikan dengan Kemenkeu dan kementerian terkait. Tugas saya sebagai Kemenko harus menyelaraskan anggaran tersebut," ujar Puan.

Sementara itu, menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, anggaran terkait KIS dan KIP juga akan disinergiskan dengan anggaran di setiap kementerian.

"Anggaran di Kementerian Kesehatan berapa, Kementerian Budaya dan Pendidikan Dasar Menengah berapa, itu akan saling mengalokasikan saja. Jadi bisa ter-cover (tertutupi)," tandas Rini.

Rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menko Puan Maharani ini adalah yang pertama sejak Presiden Jokowi melantik Kabinet Kerja pada 27 Oktober 2014 lalu. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini