Sukses

Jadi Menteri, Puan Maharani Segera Lepas Jabatan di PDIP

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan kebudayaan Puan Maharani mengatakan bakal segera melepas jabatan struktural di PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan kebudayaan Puan Maharani mengatakan bakal segera melepas jabatan struktural di PDIP. Menurut politisi perempuan ini, dirinya akan melepas jabatan tersebut minggu ini.

"Mungkin minggu ini. Nanti diputuskan oleh Ketua Umum PDIP," kata putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu di Kemenko PMK, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Puan pun menegaskan bahwa para menteri yang berasal dari partai politik juga akan segera melepas jabatannya.

"Yang pasti semua anggota parpol yang ditugaskan di pemerintahan siap melaksanakan tugas secara maksimal," ujar Puan yang masih menjabat sebagai Ketua DPP PDIP Bidang Politik itu.‬

Ditemui di tempat yang sama, Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga mengatakan semua akan dibahas pada rapat DPP Kamis dan Jumat pekan ini. Menurutnya, pengganti kader yang menjadi menteri diserahkan sepenuhnya kepada ketua umum.

"Kamis dan Jumat kita akan rapat di DPP, mungkin di sana keputusannya. Semua nama pengganti diserahkan sepenuhnya ke Ibu Ketum," jelas dia.

Meskipun demikian, Eriko juga belum menjamin apakah kekosongan tersebut akan diisi mengingat sebentar lagi akan digelar Rakornas pada April 2015 yang rencananya diselenggarakan di Bali.

‪Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu menekankan para menterinya yang berlatar belakang politikus harus melepaskan jabatan struktural. Tujuannya agar pemerintah bersih dan bebas dari transaksional, sehingga mereka bisa berkonsentrasi dengan pekerjaannya.‬ (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.