Sukses

Aneka Cara Unik Peringati Sumpah Pemuda

Peringatan Sumpah Pemuda dilakukan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Persis, Garut, Jawa Barat.

Liputan6.com, Garut - Peringatan Sumpah Pemuda dilakukan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Persis, Garut, Jawa Barat. Di antaranya dengan memberi pendidikan gratis bagi warga yang masih buta huruf di 5 desa di Kecamatan Sukaresmi, Jawa Barat dan mengajarkan membuat kue.

Cara belajarnya pun terbilang santai dan melalui permainan yang menarik. Misalnya menulis namanya dan suami dengan tambahan gambar hati terbalik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (28/10/2014), belajar huruf juga dilakukan ketika membuat kue. Mereka diminta membentuk kue berbentuk huruf, karena jumlah warga buta aksara di desa ini cukup tinggi, yakni sekitar 4.500 orang.

Di Semarang, Jawa Tengah, Sumpah Pemuda juga dirayakan Siswa SMA Negeri 9 dengan membuat sekitar 5.300 pantun yang berkaitan dengan menteri-menteri yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo. Kegiatan ini mencetak rekor Muri dengan kategori pembuat pantun terbanyak.

Sementara di Mojokerto, Jawa Timur, Sumpah Pemuda dirayakan siswa Yayasan Taman Siswa dengan upacara bendera. Uniknya upacara dilakukan siswa tanpa didampingi guru.

Petugas upacara menggunakan pakaian tentara, polisi, pakaian adat Madura, dan Jawa. Ucapan di Twitter membuat hasteg Selamat Hari Sumpah Pemuda menjadi trending topik atau yang paling banyak dikicaukan hari ini. (Yus)

Baca juga:

Pesan Menpora Imam Nahrawi pada Hari Sumpah Pemuda

Tali Bendera Putus Saat Bima Arya Pimpin Upacara Sumpah Pemuda

2 Pembunuh Ade Sara Dituntut Jaksa di Hari Sumpah Pemuda

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.
    Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.

    Sumpah Pemuda