Sukses

Hari Sumpah Pemuda, Ahok Minta Hargai Perbedaan

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyampaikan pesan kepada para pemuda.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, 28 Oktober merupakan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyampaikan pesan kepada para pemuda untuk tetap teguh memegang prinsip Bhinneka Tunggal Ika, agar tak goyah.

"Pesan saya buat para pemuda. Jadi kalau kamu nggak mau bingung, nggak mau goyang, ya kamu pegang bener-bener pita Bhinneka Tunggal Ika. Nah, itu pesan buat pemuda," tegas Ahok di Balaikota Jakarta, Senin 27 Oktober 2014 malam.

Dia memberi contoh lambang negara, yakni burung Garuda yang mencengkeram pita bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika di kakinya. Pita itu menjadi simbol pegangan bagi para pemuda agar mereka belajar untuk terus mengingat dan menghargai perbedaan dan keanekaragaman di Indonesia.

"Kalau pitanya dilepas, anak muda bilang bingung nih gua nggak ada pegangan," tegas mantan Bupati Belitung Timur itu.

Hari Sumpah Pemuda setiap tahun diperingati pada tanggal 28 Oktober karena ikrar tersebut merupakan keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia, saat ini Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.
    Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.

    Sumpah Pemuda