Sukses

Australia: Objek Terbesar Diduga MH370 Berukuran 24 Meter

Upaya pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 kini diarahkan ke perairan Perth, di Australia Barat. Ada 2 objek mencurigakan di sana.

Liputan6.com, Canberra - Upaya pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 kini diarahkan ke perairan Perth, di Australia Barat. Data citra satelit menangkap penampakan 2 obyek yang terkait pencarian Boeing 777-200ER yang membawa 239 orang di dalamnya.

Pimpinan Australian Maritime Safety Authority (AMSA) John Young mengatakan, berdasarkan data satelit, diketahui objek yang ditangkap satelit berukuran besar. "Yang terbesar memiliki ukuran 24 meter," kata dia dalam konferensi pers di Canberra, Kamis (20/3/2014).

Namun, Young menegaskan, belum bisa dipastikan bahwa itu adalah puing  MH370. Sebab, informasi baru berasal dari data satelit. "Kita harus menentukan lokasi, mengonfirmasi bentuknya, mengevakuasi dan menelitinya. Semua itu membutuhkan waktu," kata Young.

Jangankan menentukan apakah ada korban pesawat MH370 yang diduga selamat, Young menegaskan pihaknya belum bisa memastikan bahwa objek tersebut adalah pesawat yang lenyap. "Data satelit tak sedetil itu."

Young menjelaskan, setelah menerima data satelit, pihaknya meminta pendapat dari para ahli yang menyatakan, bisa jadi itu adalah puing MH370. Bisa jadi juga bukan.

Saat ini, dia menambahkan pihak Angkatan Udara Australia, dibantu Selandia Baru dan militer Amerika Serikat -- dibantu kapal niaga yang berada di sekitar lokasi sedang menuju ke titik di mana puing diperkirakan berada. Paling cepat, kata dia mendekati lokasi pada pukul 13.50 waktu setempat.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia, Tony Abbott mengumumkannya di depan parlemen. Meski ia tak mengungkap tipe obyek yang terdeteksi berdasarkan citra satelit. "Informasi terbaru dan terpercaya telah datang memberi titik terang terkait pencarian...di selatan Samudera Hindia," kata Abbott seperti dimuat Guardian, Kamis (20/3/2014).

Namun, Pak Perdana Menteri mengingatkan, upaya untuk mendekati obyek bukan perkara gampang. "Tugas untuk menentukan lokasi obyek tersebut sangat sulit. Bisa jadi itu ternyata tak terkait dengan pencarian Penerbangan MH370," kata dia. "Apapun, saya ingin menyampaikan informasi perkembangan terbaru ini pada parlemen," kata Abbott. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

2 Obyek di Citra Satelit Australia Belum Tentu Puing MH370

Fokus Cari MH370 di Selatan Samudera Hindia, India Geser Armada

Misteri MH370 Berakhir pada Hari Ke-13 di Perairan Perth?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini