Sukses

Misteri MH370 Berakhir pada Hari Ke-13 di Perairan Perth?

Dua obyek diduga terkait pencarian pesawat Boeing 777-200 yang hilang ditemukan di selatan Samudera Hindia. Di perairan Perth, Australia.

Liputan6.com, Canberra - Misteri di mana pesawat Malaysia Airlines MH370 berada bisa jadi berakhir di hari ke-13 sejak ia dinyatakan hilang pada Sabtu 8 Maret 2014 pagi, dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Dua obyek diduga terkait pencarian pesawat Boeing 777-200 yang hilang ditemukan di selatan Samudera Hindia. Di perairan Perth, Australia.

Perdana Menteri Australia, Tony Abbott mengumumkannya di depan parlemen. Meski ia tak mengungkap tipe obyek yang terdeteksi berdasarkan citra satelit. "Informasi terbaru dan terpercaya telah datang memberi titik terang terkait pencarian...di selatan Samudera Hindia," kata Abbott seperti dimuat The Guardian, Kamis (20/3/2014).

Armada pesawat dari Royal Australian Air Force Orion telah dikirim ke lokasi untuk mencari tahu lebih dekat. PM Abbot juga telah menelepon Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, untuk mewartakan informasi teranyar ini.

Namun, Pak Perdana Menteri mengingatkan, upaya untuk mendekati obyek bukan perkara gampang. "Tugas untuk menentukan lokasi obyek tersebut sangat sulit. Bisa jadi itu ternyata tak terkait dengan pencarian Penerbangan MH370," kata dia. "Apapun, saya ingin menyampaikan informasi perkembangan terbaru ini pada parlemen," kata Abbott.

Pengumuman terbaru itu disampaikan setelah otoritas maritim Australia mengatakan, pencarian hilangnya Malaysia Airlines di perairan Australia mendekati Perth.

Manajer otoritas maritim,  John Young mengabarkan video perkembangan operasi pencarian pada Rabu lalu, yang menunjukkan bahwa pencarian awal di Australia yang meliputi wilayah 600 ribu kilometer persegi -- dipersempit setengahnya dan mengerucut ke wilayah 2.300 km dari perairan Perth.

Young mengatakan, makin sempitnya area pencarian didasarkan pada informasi terbaru dari Badan Keamanan Transportasi AS atau US National Transportation Safety Board. Berdasar pada, "Cadangan bahan bakar dari pesawat dan seberapa jauh ia bisa terbang".

Malaysia Airlines telah hilang sejak Sabtu 8 Maret dan memicu pencarian global. Kalaupun benar obyek yang ditemukan di dekat Perth terkait MH370, masih ada misteri besar yang belum terjawab: bagaimana bisa MH370 melenceng dari rute awal yang terbang ke utara, dari Kuala Lumpur menuju Beijing?

Penyelidik mencari tahu beberapa kemungkinan, termasuk dengan memeriksa 12 awak pesawat.  (Yus Ariyanto)

Baca juga:

FBI Bantu Malaysia Cari Pesawat MH370

Ada Data yang Dihapus dari Simulator Pilot Malaysia Airlines Raib

RI Dituduh Sembunyikan Pesawat MH370, SBY Angkat Bicara

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.