Sukses

Pekerja Lihat Pesawat Terbakar di Perairan Vietnam, MH370?

Ada laporan pekerja pengeboran lepas pantai di Songa di perairan Vietnam melihat pesawat terbakar.

Liputan6.com, Hanoi - Sejak 8 Maret 2014 hingga 13 Maret 2014, pesawat nahas MH370 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines yang hilang kontak belum juga ditemukan. Namun memasuki hari keenam pencarian, ada laporan pekerja pengeboran lepas pantai di Songa di perairan Vietnam melihat pesawat terbakar.

Seperti diberitakan upstreamonline yang dikutip Liputan6.com, Kamis (13/3/2014), pekerja itu mengirimkan surat elektronik ke penyidik ​​Vietnam terkait penglihatannya yang diyakini badan pesawat MH370 terbakar di lepas pantai Vietnam.

Dalam tulisan pada surat elektroniknya yang telah tersebar di dunia maya, Michael Jerome McKay yang merupakan warga Selandia baru itu mengklaim telah mengontak pemerintah Malaysia dan Vietnam mengenai penampakan yang dilihatnya. Namun ia tak tahu apakah pesan itu sampai atau tidak.

"Aku yakin melihat pesawat Malaysia Airlines turun. Waktu yang tepat," tulis McKay dalam surat elektroniknya.

"Aku di kilang lepas pantai Songa Mercur, Vung Tau. Lokasi permukaan pengamatan adalah: Lat 08 " 22 ' 30.23 " N , panjang 108 " 42 ' 22.26 " E," tambahnya.

Dalam emailnya, McKay menyatakan, benda yang ia lihat itu masih dalam keadaan utuh. Namun sudah terbakar saat benda itu berada pada ketinggian. Api terlihat membakar selama 10 sampai 15 detik.

"Saya mengamati (mungkin pesawat) terbakar di ketinggian dan arah kompas 265 derajat ke 275 derajat dari lokasi permukaan kami. Sangat sulit untuk menghitung jaraknya," urainya.

McKay juga mengatakan benda itu terbang pada ketinggian lebih rendah dari pesawat pada umumnya.

Meski telah dilakukan pencarian dengan bantuan dari 8 negara, keberadaan pesawat yang membawa 239 orang di dalamnya itu masih misteri. Upaya pencarian yang menggunakan puluhan kapal dan pesawat dari kedelapan negara bantuan itu, belum juga membuahkan hasil.

Pesawat Boeing 777 - 200ER yang membawa 227 penumpang, termasuk 2 bayi dan 12 awak  hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing sekitar 1 jam setelah lepas landas dari Bandara Internasional KL pada Sabtu 8 Maret dinihari. Pesawat tersebut seharusnya mendarat di Beijing, China, pada pukul 06.30 waktu setempat. (Yus Ariyanto)

Baca Juga:

Rasa Frustasi Keluarga Penumpang Malaysia Airlines

Mayat di Selat Malaka Dipastikan Bukan Penumpang MH370

Kata Terakhir Pilot Pesawat Nahas MH370... Pertanda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini