Sukses

Survei VPS: Elektabilitas Mega di Atas Jokowi, Prabowo Tertinggi

Jokowi dinilai belum memperlihatkan hasil selama memimpin Jakarta.

Siapa capres yang bakal menjadi pemenang pada Pemilu 2014 masih dipertanyakan. Sejumlah survei terus muncul. Yang terbaru dari Vox Populi Survei.

Direktur Vox Populi Survei (VPS) Hendrykus Sihaloho menjelaskan, banyak sekali perubahan dari survei yang diselenggarakan VPS pada 9 Desember 23 Desember 2013.

Kata dia, nama Joko Widodo yang selalu merajai elektabilitas capres justru keok di bawah Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

"Dari temuan survei, elektabilitas Megawati masih di atas Jokowi. Megawati itu mendapatkan 15,4 persen dan Jokowi hanya 10,1 persen. Hal itu karena Jokowi belum memiliki strong leadership yang kuat," kata Hendrykus dalam pemaparan hasil survei dengan tema 'Rakyat melihat, rakyat merasakan, rakyat menilai, rakyat mengadili' di Bumbu Desa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2014).

Menurut dia, hal itu terjadi karena Jokowi belum memperlihatkan hasil selama memimpin Jakarta. Tahapan itu masih pada blusukan, tanpa adanya realisasi.

"Masyarakat menilai tahapan yang dilakukan Jokowi baru pada tahapan blusukan belum pada realisasi. Justru menurut masyarakat, Ahok yang selama ini berkinerja bagus," katanya.

Sementara melejitnya nama Prabowo terjadi lantaran kepemimpinan Jokowi dianggap jauh berbeda dengan SBY yang lebih tegas. "Keterpilihan Prabowo itu dikarenakan Prabowo punya strong leadership. Itu antitesa dari gaya kepemimpinan SBY," tandasnya.

Survei yang dilakukan oleh VPS ini diambil di 402 kabupaten/kota dengan kriteria sudah berumur 17 tahun. Total responden mencapai 3686 responden. Teknik wawancara dilakukan secara tatap muka langsung. Survei ini mendapat +/- 1,6 persen margin of error dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (Riz)

Berikut elektabilitas kandidat capres 2014 versi VPS

1. Prabowo: 33,1 persen
2. Megawati Soekarnoputri: 15,4 persen
3. Jokowi: 10,1 persen
4. Wiranto: 8,4 persen
5. Aburizal Bakrie: 7,4 persen

Baca juga:

Survei SMRC: Kondisi Politik Indonesia Memburuk
Survei: PDIP Kalah Bila Tak Capreskan Jokowi
Survei SMRC: 41,1% Masyarakat Kurang Puas Kinerja SBY

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi