Sukses

Bangun Masjid Raya Ornamen Betawi, Jokowi: Jangan Mal Saja

"Gede banget masjidnya. Di depan luas lahannya sampai 3 hektare nanti yang untuk bangun masjid," kata Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membangun masjid raya Jakarta segera terealisasi tahun ini. Masjid besar tersebut rencananya dibangun di RT 1 RW 14 Jalan Daan Mogot, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Kosambi Jakarta Barat. Lokasi tersebut masih satu area dengan pembangunan 16 blok Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Daan Mogot.

"Nanti rusunnya selesai Juni-Juli tahun ini, masjid raya nya kita bangun. Gede banget masjidnya. Di depan luas lahannya sampai 3 hektare nanti yang untuk bangun masjid," ujar Jokowi saat meninjau lokasi pembangunan Rusun Daan Mogot, Jumat (7/3/2014).

Jokowi mengungkapkan, masjid raya yang akan dibangun itu mempunyai desain yang berbeda dengan kebanyakan masjid lainnya di Jakarta. Masjid tersebut akan lebih banyak menunjukkan bentuk ornamen bangunan Betawi dengan percampuran desain bangunan timur tengah.

"Pokoknya nanti kalau jadi bagus banget, masjid ini ornamen dan interiornya Betawi, gaya bangunannya Betawi dan ini desainnya kita dapat dari hasil lomba (sayembara)," kata Jokowi.

Untuk lama pengerjaan masjid tersebut, mantan Walikota Solo itu memberikan tenggat waktu selama 2 tahun kepada Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan DKI. Kapasitas masjid diyakini mampu menampung 2.000 jemaah.

"Kita maunya cepat. Paling lama masjid raya ini harus rampung, supaya bisa segera dimanfaatkan untuk kepentingan dakwah," ucap Jokowi.

Jokowi pun berharap, dengan dibangunnya masjid raya itu dapat membuat Jakarta sebagai kota yang relijius dan menambah semangat dakwah Islam di Ibukota.

"Ya iya dong, di Utara sudah ada Islamic center. Sekarang kita bangun lagi masjid raya di Jakarta Barat. Di Jakarta harus ada keseimbangan, urus ekonomi, relijius harus dipikirkan. Kota yang sehat harus ada keseimbangan. Jangan kota hanya urusan ekonomi, bangun mal saja, kering kota itu," tegas Jokowi.

Lalu, apakah Jokowi sudah mempersiapkan nama masjid yang menurutnya akan menjadi masjid terbesar di Jakarta setelah masjid Istiqlal? Politisi PDIP itu mengaku belum memikirkannya.

"Namanya ya belum. Lah wong jadi saja belum, sudah mikirin nama. Jadi dulu masjidnya, baru nanti dikasih nama," ucap Jokowi sambil tertawa. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

Jokowi Tinjau Pembangunan 16 Blok Rusun di Daan Mogot

Tak Mau Dikibuli Anak Buah, Jokowi Pasang GPS di Eksavator

Cegah Banjir, Jokowi Bangun 3 Waduk di Pondok Rangon

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini