Sukses

Tak Mau Dikibuli Anak Buah, Jokowi Pasang GPS di Eksavator

Agar tidak dikelabui oleh jajarannya, Gubernur DKI Jokowi pasang GPS di setiap eskavator milik Dishub.

Liputan6.com, Jakarta - Agar tidak dikelabui oleh jajarannya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memasang Global positioning system (GPS) disetiap eskavator milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Dengan adanya alat tersebut, maka pria yang akrab disapa Jokowi dan wakilnya Basuki Tjahaja Purnama dapat mengetahui keberadaan eksavator sekaligus memantau langsung operasional alat pengeruk itu.

"Di dalamnya itu, kan sudah dipasang GPS, jadi saya bisa langsung mantau, kerjanya berapa lama sehari, hari ini ada di mana, itu nanti kelihatan," ujar Jokowi saat memantau pembangunan 3 waduk di kawasan Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, kamis, (6/3/2014).

Dengan adanya alat tersebut, maka jajarannya di Dinas Perhubungan tidak lagi dapat berbohong. Karena diawasi langsung olehnya.

Mantan walikota Solo itu yakin, dengan cara tersebut, maka pihaknya dapat menyelesaikan pekerjaan setiap proyek yang berjalan tanpa harus molor terlalu lama.

"Ya ini kan namanya fungsi pengawasan, itu yang saat ini kita jalani," kata Jokowi.

Namun demikian, Jokowi mengakui, tidak semua eksavator atau alat berat lainnya dipasangi GPS. Sebagian eksavator khususnya yang dikelola oleh operator swasta hanya mengandalkan pengawasan di lapangan.

Jokowi melanjutkan, tidak semua eksavator dipasangi GPS. Alat pendeteksi lokasi tersebut dipasang di eksavator milik Dinas PU DKI Jakarta saja. Sementara itu, untuk eksavator milik operator pihak swasta, Jokowi tetap mengandalkan pengawasan lapangan.

"Pengawasan tetap dilakukan, supaya semuanya nggak ada yang macem-macem. Semua bekerja sesuai yang telah ditugaskan," tukas Jokowi. (Oscar Ferri)

Baca Juga:

Cegah Banjir, Jokowi Bangun 3 Waduk di Pondok Rangon

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini