Sukses

Cegah Banjir, Jokowi Bangun 3 Waduk di Pondok Rangon

Jokowi mengunjungi lokasi pembangunan 3 waduk baru di kawasan Pondok Rangon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi lokasi pembangunan 3 waduk baru di kawasan Pondok Rangon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Pembangunan 3 waduk tersebut untuk mengurangi dampak banjir yang disebabkan meluapnya Kali Sunter.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di Pondok Rangon sekitar pukul 10.45 WIB. Ia langsung disambut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Manggas Rudy Siahaan.

Pak Gubernur pun langsung menjelaskan tahapan-tahapan pembangunan waduk. Mantan Walikota Solo itu juga melihat langsung proses pengerukan tanah yang dikerjakan 8 unit eksavator.

"Nanti di sini ada 3 waduk, Pondok Rangon 1, Pondok Rangon 2 dan Pondok Rangon 3. Kita targetnya nanti 6 bulan selesai," ujar Jokowi di lokasi pembangunan waduk yang bertempat di  RT 2/RW 1 Keluruhan Pondok Rangon, Kamis (6/3/2014).

Dia menjelaskan, masing-masing waduk mempunyai luas yang berbeda-beda, tergantung dari luas lahannya. Luas Waduk Pondok Rangon 1 mencapai 11,5 hektar, Pondok Rangon 2 mencapai 5 hektar dan Pondok Rangon 3 sekitar 2 hektar.

"Jadi waduk Pondok Rangon 1,2 dan 3, pembangunannya baru dimulai seminggu lalu, namun sudah terlihat bentuknya," ujar Jokowi.

Ia menambahkan, pemilihan lokasi pembangunan waduk di Pondok Rangon karena tempat tersebut berada di sekitar Kali Sunter yang mengalirkan air dari kawasan Bogor. Dia berharap, dengan dibangunnya ketiga waduk itu, maka wilayah-wilayah yang dilewati aliran Kali Sunter tidak lagi digenangi banjir.

"Dekat sini kan ada Kali sunter. Kalau Kali Sunter meluap, pengendalinya ada di sini. Apalagi waduk ini nanti mampu menampung sebanyak 550 ribu meter kubik air. Adanya waduk ini untuk yang ada di kawasan Sunter, Halim, Cipinang, Kelapa Gading, Pulogadung, Duren Sawit. Pokoknya yang dilewati Kali Sunter," tandas Jokowi. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Bupati Bogor Minta Alat Berat, Jokowi: Kita Beri 3 Eskavator
Bupati Bogor Minta Alat Berat, Jokowi: Nggak Masalah, Kita Beri
Bupati Bogor: Tak Ada Warga Tolak 2 Waduk Baru Jokowi
Bangun Waduk Ciawi dan Sukamahi, Jokowi Jamu Bupati Bogor
Tangani Banjir Jakarta, Bupati Bogor Temui Jokowi
Bang Yos Imbau SBY Turun Tangan Bangun Waduk Raksasa Ciawi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini