Sukses

Rawan Gangguan, Pemilu di Poso Akan Dijaga Satuan Gegana

Polda Sulteng akan menempatkan pasukan khusus seperti Gegana di daerah rawan gangguan keamanan di Kabupaten Poso saat Pemilu 2014.

Kabupaten Poso menjadi perhatian khusus Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah saat pelaksanaan Pemilu 2014 mengingat daerah tersebut dinilai masih rawan gangguan keamanan.

Kepala Polda Sulteng Brigjen Pol Ari Dono Sukmanto mengatakan polisi akan menempatkan pasukan khusus seperti Gegana di daerah rawan gangguan keamanan di Kabupaten Poso, semisal di wilayah Gunung Biru. Gunung Biru adalah tempat terjadinya penembakan anggota Brimob Polda Sulteng pada akhir 2012.

"Kabupaten Poso merupakan daerah yang patut diwaspadai mengingat belum lama ini terjadi aksi baku tembak antara polisi dan kelompok sipil bersenjata yang menewaskan 3 orang," ujar Ari Dono di Palu, Selasa 18 Februari 2014.

Saat ini kelompok sipil bersenjata yang dipimpin Santoso diduga kuat masih bersembunyi di Kabupaten Poso. Polisi juga terus memburu belasan buronan kasus kekerasan Poso tersebut.

Selain memberi perhatian khusus di Kabupaten Poso, Ari Dono mengatakan pengamanan pemilu juga tetap dilakukan di beberapa daerah di Sulteng. Polda Sulteng juga berkoordinasi dengan TNI dan Linmas untuk mengamankan Pemilu 2014 di wilayahnya.

Bentuk pemantapan itu adalah dengan melakukan simulasi penanggulangan gangguan keamanan saat pemilu serta peningkatan koordinasi dengan aparat lainnya. Sebanyak 4.565 personel Polda Sulteng siap mengamankan pelaksanaan Pemilu 2014 di provinsi itu. (Ant/Ado)

Baca juga:
Jelang Pemilu, Aktivis Buruh Deklarasikan Poros Baru
Bandara Soekarno-Hatta Sediakan TPS Pemilu 2014
Ribuan Kotak Suara Terbengkalai di Bogor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini