Sukses

Ribuan Kotak Suara Terbengkalai di Bogor

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor lebih memprioritaskan kotak suara baru berbahan kertas karton, yang disimpan di dalam gudang.

Ribuan kotak suara dari aluminium yang akan digunakan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 di Kabupaten Bogor terbengkalai tidak terawat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor lebih memprioritaskan kotak suara baru berbahan kertas karton, yang disimpan di dalam gudang.

Pantauan Liputan6.com, kotak suara aluminium yang terakhir kali dipakai pada Pilkada Bupati Bogor tahun 2013 itu dibiarkan teronggok di luar gudang KPU Kabupaten Bogor, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Jawa Barat, Senin (17/2/2014).

Terlihat kotak suara itu kebanyakan penyok dan berkarat karena dibiarkan terkena hujan dan panas. Bahkan tidak sedikit yang berlumut.

Divisi Umum Logistik dan Keuangan KPU Kabupaten Bogor Umi Wahyuni mengaku, KPU Kabupaten Bogor tidak memiliki tempat untuk menyimpan kotak-kotak suara itu. Gudang yang ada sudah penuh untuk menyimpan kotak suara berbahan karton dan logistik Pemilu 2014 lain.

"Kami punya 4 gudang. Namun tetap tidak dapat menampung kotak suara yang berbahan alumunium," kata Umi kepada Liputan6.com di kantornya.

KPU Kabupaten Bogor mengaku memerlukan total 35.564 kotak suara. Dari jumlah itu terdiri dari 7.383 kotak suara berbahan alumunium dan 28.181 kotak suara dari bahan karton.

Umi mengakui memang tidak mudah merawat kotak-kotak suara dari bahan alumunium. Untuk itu pihaknya menggunakan kotak suara berbahan karton untuk menghemat biaya dan kemudahan pelaporan anggaran.

"Rencananya besok juga akan ada pengecekan dari Panwaslu Kabupaten Bogor untuk penyortiran kotak suara yang masih layak," pungkas Umi. (Ism/Sss)

Baca juga:

KPU Bogor Musnahkan Ribuan Surat Suara yang Rusak
3,2 Juta Warga Bogor Pilih Bupati Hari Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini