Sukses

Gita Wirjawan: Jika Ingin Bersinar, Indonesia Harus Contoh Bali

Peserta konvensi capres Partai Demokrat, Gita Wirjawan mendapat kesempatan untuk memaparkan visi misinya di Denpasar, Bali.

Peserta konvensi capres Partai Demokrat, Gita Wirjawan mendapat kesempatan untuk memaparkan visi misinya pada acara konvensi yang digelar di Hotel Aston, Denpasar. Pada kesempatan itu, Gita menyampaikan jika Indonesia ingin bersinar, maka Bali tempat yang cocok untuk dijadikan proyek percontohan.

"Keharmonisan antara globalisasi dan kebudayaan bisa terjadi di Bali. Bali harus menjadi contoh jika Indonesia ingin bersinar," tegas Gita, Selasa (18/2/2014).

Ia melanjutkan, pertumbuhan budaya di Bali membuahkan pertumbuhan ekonomi yang di atas pertumbuhan nasional. "Pengangguran dan kemiskinan di bawah nasional," papar mantan Menteri Perdagangan itu.

Menurut dia, ada 2 tantangan utama dalam era globalisasi belakangan ini. Pertama adalah merawat kemajemukan dan keanekaragaman. Kedua, pengikisan budaya lokal oleh globalisasi. Namun di Bali, katanya, sinar kebudayaan terus menyala.

Sementara untuk meciptakan ekonomi yang baik ada beberapa yang harus dirangkul. Kesemuanya bertumpu pada 2 hal yakni pemerataan dan pelestarian lingkungan. Meski begitu, Gita mengakui jika ada beberapa daerah di Bali yang pertumbuhan ekonominya masih di rendah.

"Ini yang harus dipikirkan. 15 tahun terakhir 7 persen lahan pertanian di Bali berkurang. Kita berharap agar tujuannya sektor pariwisata bisa berkelanjutan apabila sektor lainnya terjaga," tutup dia. (Dji/Ado)

Baca juga:

Konvensi Demokrat Tak Terganggu Effendi Gazali Mundur

Budaya Bali di Mata 4 Peserta Konvensi Demokrat

Gita Wirjawan Janji Turunkan Nilai Pajak Jika Jadi Presiden

 


 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini