Sukses

Gita Wirjawan Janji Turunkan Nilai Pajak Jika Jadi Presiden

Kendati demikian, Gita tetap berupaya untuk tetap meningkatkan pendapatan negara dengan cara meningkatkan pembayar pajak.

Peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat Gita Wirjawan berjanji menurunkan nilai pajak jika kelak terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2014. Kendati demikian, mantan Menteri Perdagangan itu tetap akan berupaya meningkatkan pendapatan negara. Caranya, dengan meningkatkan pembayar pajak.

"Kalau saya jadi presiden, saya akan turunkan nilai pajak. Tapi kita perbanyak orang yang bayar pajak," ujar Gita Wirjawan pada acara Temu Gita di Denpasar, Bali, Senin (17/2/2014).

Menurutnya, cara yang paling ampuh untuk meningkatkan pembayar pajak saat ini adalah dengan memberikan pengampunan kepada mereka yang belum membayar pajak. "Kita berikan amnesti bagi mereka yang selama ini tidak membayar pajak. Dengan begitu, mereka akan membuat NPWP dan bayar pajak," jelasnya.

Dengan cara demikian, Gita optimis pendapat APBN akan melonjak drastis. Tentu saja hal itu lantaran warga masyarakat dan perusahaan yang semakin banyak membayar pajak. Dan jika konsep tersebut diterapkan, maka bukan tidak mungkin dapat meningkatkan APBN sebanyak 2 kali lipat.

"Sekarang APBN kita Rp 18 triliun. Kalau gagasan itu diimplementasikan, maka bisa meningkatkan APBN menjadi Rp 40 triliun," imbuhnya.(Gen/Mvi)

Baca Juga:

Adu Visi, Peserta Konvensi Capres Demokrat Didandani Adat Bali

Keluarga Sempat Larang Gita Wirjawan Ikut Konvensi Demokrat

Dino Patti Djalal: Konvensi Capres Demokrat Sudah Tidak Adil Lagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini