Sukses

Karung-karung Abu Kelud Menumpuk di Jalanan Yogyakarta

Karung demi karung abu vulkanik hasil letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, kini telah terkumpul.

Karung demi karung abu vulkanik hasil letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, kini telah terkumpul. Salah satunya menumpuk di tepi Jalan Taman Siswa, Yogyakarta sejak Jumat 14 Februari 2014 lalu. Akibatnya, aktivitas warga pun terganggu.

Warga berharap, Pemerintah Kota Yogyakarta segera mengambil karung-karung abu itu dan membawanya ke tempat penampungan sementara. Warga khawatir, jalanan akan rusak dan kotor jika karung abu itu terlalu lama menumpuk di jalanan.

"Penginnya cepet diambil. Tapi sejak Jumat lalu belum diambil. Kalau nggak diambil, jalanan jadi rusak berlubang, Mas. Selain itu saya jadi sering nyemprot abunya bertebaran," kata seorang warga, Didik di Jalan Taman Siswa, Yogyakarta, Selasa (18/02/2014).

Ucapan Didik itu pun diamini warga lainnya, Danang. "Kalau bisa cepat, Mas soalnya kita juga beraktivitas lainnya, tidak hanya ngurusi karung ini. Lebih cepat, lebih baik," keluh Didik.

Namun Pemkot Yogyakarta melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) mengaku, butuh waktu 1 minggu untuk mengangkuti karung-karung abu di jalanan. Ini karena keterbatasan personel dan alat.

"Kita terbatas alat dan personel. Kita sudah berupaya maksumal mungkin," pungkas Kepala BLH Kota Yogyakarta Irfan Susilo. (Ndy/Ism)

Baca juga:
Kondisi Puncak Gunung Kelud Setelah Meletus Dahsyat
[VIDEO] Zona Merah Gunung Kelud Dipenuhi Wisatawan
Rumah Dihancurkan Abu Vulkanik, Warga Kaki Gunung Kelud Pindah
Tak Ada Rumput, Ternak di Kaki Gunung Kelud Diungsikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini