Sukses

Sinkhole di Museum Corvette `Telan` 8 Mobil Mewah dan Langka

Diameter lubang itu diperkirakan mencapai 12 meter dengan kedalaman 9 meter.

Sebuah sinkhole muncul di Museum Nasional Corvette, Kentucky, Amerika Serikat. Delapan mobil langka dan bersejarah Chevrolet Corvete yang dipamerkan, 'tertelan'.

Laman berita News.com.au, Kamis (13/2/2014) memberitakan, sinkhole itu terjadi sekitar pukul 05.40 pagi waktu setempat, Rabu kemarin. Saat kejadian, tak ada seorang pun yang berada di museum itu, sehingga tak ada korban jiwa maupun luka.

Lokasi terjadinya sinkhole itu merupakan bagian dari lantai museum yang selesai dibangun pada 1994. Diameter lubang itu diperkirakan mencapai 12 meter dengan kedalaman 9 meter.

Enam mobil yang rusak karena jatuh ke dalam lubang lebar itu adalah Corvette hitam buatan 1962, mobil balap buatan tahun 1984 yang dipakai untuk Kejuaraan Dunia IndyCar, Corvette putih tahun 1992 yang merupakan produksi ke-1 juta.

Ada pula mobil keluaran 1993 yang dibuat khusus dalam rangka ulang tahun ke-40 Corvette, Mallet Hammer Z06 Corvette buatan 2001, dan mobil ke-1,5 juta Corvette yang dibuat 2009.

Sementara, 2 mobil lain yang rusak adalah salah satu mobil konsep tipe ZR-1 Spyder 1993, sebuah model yang tidak pernah dibuat dan ZR1 "Blue Devil" asli buatan 2009. Dua mobil ini dipinjamkan oleh General Motor ke museum.

Menurut Juru Bicara Corvette, Monte Doran, kedua mobil yang dipinjamkan oleh General Motor ke museum ini masing-masing nilainya diperkirakan mencapai US$ 1 juta atau setara Rp 12 miliar.

"Kedua mobil itu koleksi sangat berharga. Ini bagian besar museum, tapi ini bukan mobil yang bisa Anda kendarai sehari-hari," tutur Doran dikutip Los Angeles Times.

Juru Bicara Museum Corvette Katie Frassinelli mengatakan insinyur bangunan telah dipanggil ke museum untuk membenahi kerusakan dan menstabilkan sekitar sinkhole.

Museum Corvette ini sebenarnya tengah dipersiapkan untuk menggelar the 2014 Corvette Caravan, sebuah perayaan untuk menandai ulang tahun ke-20 museum pada September mendatang. (Eks/Yus)

Baca juga:
Lubang 4,5 Meter Muncul di Jalan Tol, Lalu Lintas Dialihkan
Sinkhole Tiba-tiba Muncul di Depan Rumah... `Telan` Mobil VW
`Horor` Saat Sinkhole Raksasa Menelan Puluhan Rumah di Brasil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini