Sukses

`Horor` Saat Sinkhole Raksasa Menelan Puluhan Rumah di Brasil

CCTV merekam detik-detik saat tanah terbelah, membentuk kawah raksasa yang disebabkan erosi air, dan menelan puluhan rumah.

Bencana datang tanpa diduga. Warga sebuah kota di Brasil berteriak ngeri saat mereka menyaksikan rumah mereka ditelan lubang runtuhan (sinkhole) raksasa akhir pekan lalu. Insiden mengerikan itu ditangkap kamera CCTV Kota Abaetetuba di negara bagian Para.

CCTV merekam detik-detik saat tanah terbelah, membentuk kawah raksasa yang disebabkan erosi air, dan menelan puluhan rumah.

Sesaat sebelum bencana itu terjadi, kabel listrik di atas rumah-rumah mulai bergetar keras dan putus.

Kabel-kabel itu menjadi peringatan awal yang mungkin menyelamatkan nyawa banyak warga. Tak ada korban luka apalagi meninggal dalam bencana itu.



Warga yang panik terlihat berlarian penuh ketakutan. Sementara seorang perempuan di lantai atas melemparkan anaknya dari jendela. Untung anak itu tertangkap dan segera dievakuasi oleh penolongnya.



Para tetangga yang sigap dan berpikir cepat, dengan segera membawa tangga, membantu perempuan tersebut melarikan diri dari marabahaya.

Perempuan tersebut hamil 7 bulan. Beberapa saat setelah ia memanjat turun bangunan tempatnya sebelumnya berada, ambruk ke belakang. Seperti barisan kartu remi yang dijatuhkan.

Lalu, tiba-tiba, tanah membelah, segala sesuatu tersedot ke dalamnya. Video dalam CCTV tersebut terlalu dramatis dan mengejutkan untuk dilihat.



Bagi para pemilik rumah, yang melarikan diri ke jarak yang aman, itu adalah momentum yang menyakitkan. Yang bisa mereka lakukan adalah melihat dengan pandangan ngeri saat segala harta benda dan rumah mereka lenyap dalam jurang yang makin dalam, di hadapan mereka.



Lebih dari 300 orang dari 78.000 penduduk kota diungsikan akibat kejadian itu.

"Lubang itu begitu saja membelah jalanan dan menelan semua rumah yang ada di sekitarnya," kata  salah satu warga Selma Costa, seperti dimuat Daily Mail, 7 Januari 2014.

"Tak ada yang mempercayai apa yang terjadi. Rumah-rumah ditelan lubang, bahkan supermarket dan kantor lenyap," tambah dia.

Sementara, warga lain mengatakan, awalnya celah terbentuk di tanah, sejurus kemudian giliran kawah besar yang terlihat. "Truk, rumah, apa pun, masuk ke sungai," kata warga lain.

Sejumlah orang berusaha segala upaya untuk menyelamatkan barang-barang miliknya. Namun, tanpa hasil.

"Kami bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kami miliki, dan dalam sekejap, kami kehilangan segalanya," kata Alfredo Rodrigues, seorang petani yang jadi korban.

Daerah yang terkena erosi berbatasan dengan Sungai Maracatuira, yang mengalir melalui kota.

Salah Manusia



Menurut para ahli lingkungan yang telah memeriksa lokasi kejadian, pembangunan rumah dekat dengan sungai dan pertumbuhan manusia yang tidak terkendali adalah akar dari masalah. Menjadi penyebab utama tragedi tersebut.

Para ahli lingkungan memperingatkan, penghapusan vegetasi di area dekat tepi sungai demi pembangunan, mempengaruhi tingkat penyerapan tanah.

Air yang sebelumnya diserap oleh pepohonan dan akar tanaman, pada gilirannya membasahi rongga tanah dan mulai mengikis bumi. Pada hari-hari menjelang bencana, level permukaan air sungai telah mencapai titik bahaya.

Pihak berwenang telah memperingatkan bahwa jika sungai terus membengkak , maka warga akan menghadapi lebih banyak kerusakan. Kerugian juga akan dirasakan daerah sekitarnya .

Pada hari Senin otoritas setempat mengumumkan keadaan darurat dan daerah yang terkena telah dinyatakan sebagai zona dilarang masuk.

Keluarga terdampak ditempatkan di gelanggang olahraga setempat. Lainnya tinggal dengan kerabat yang tidak terkena.

Sinkhole terbentuk saat air melarutkan mineral di batuan dasar, membuat struktur di permukaan tanahnya bertengger di atas material yang rentan. Menunggu hancur.

Sinkhole yang sedang dalam proses pembentukan, petunjuk keberadaannya bisa ditemukan pada struktur di atasnya. Misalnya, tiang pagar yang kendur atau merosot, pepohonan yang rebah. Tanda-tanda yang lebih halus termasuk pintu dan jendela yang tak menutup semestinya.

Hujan lebat bisa memicu runtuhnya sinkhole, yang awalnya terbentuk secara perlahan. Ketika air hujan terkumpul di sebuah area, yang sebelumnya tak pernah tergenangi air, bisa jadi itu sebuah pertanda. (Ein/Ans)

Baca juga:

Fakta Lubang Sinkhole Yang Bisa Selamatkan Nyawa Anda!
Sinkhole `Telan` Empang di Bosnia, Warga: Pertanda Kiamat
Laut Mati Terancam Lenyap `Ditelan` Sinkhole?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini