Sukses

Sinkhole Tiba-tiba Muncul di Depan Rumah... `Telan` Mobil VW

Volkswagen Lupo milik Zoe Smith jatuh ke dasar sinkhole sedalam 30 kaki atau 9,1 meter.

Zoe Smith kaget bukan kepalang. Saat membuka pintu rumahnya di hari, ia tak menemukan Volkswagen Lupo miliknya. Hilang ditelan Bumi -- dalam arti sebenarnya.
 
Kendaraan milik perempuan 19 tahun itu jatuh ke dasar sinkhole sedalam 30 kaki atau 9,1 meter yang terbentuk hanya dalam semalam. Lubang runtuhan selebar 15 kaki atau 4,6 meter berada di jalan masuk. Hanya beberapa inci dari rumah.

"Kami tak mendengar suara apapun. Tak ada indikasi apapun," kata ayah tiri Smith, Phil Conran, seperti dimuat Daily Mail, Senin (3/1/2014).

"Pada pukul 07.00, putriku keluar dari pintu depan. Bukannya menjumpai mobil miliknya, di sana ada lubang besar," tambah dia.

Conran menambahkan, hal pertama yang mereka lakukan adalah menelepon polisi. "Kami melaporkan hilangnya mobil, tak yakin lubang besar itu telah menelannya," tambah dia.

Pria 59 tersebut mengatakan, polisi dibantu pemadam kebakaran mendatangi lokasi rumah mereka di Walters Ash, Buckinghamshire, Inggris. Untuk mengamankan area.

"Hal paling mengejutkan dari peristiwan ini adalah horor yang mungkin terjadi jika Zoe ada di dalam mobil saat ia tertelan lubang," kata dia.

Hanya sisi dari mobil tersebut yang terlihat, nyaris keseluruhan ditutupi lumpur.



Pihak pemadam kebakaran mengaku sering menerima laporan sinkhole di area tersebut. "Khususnya di bagian selatan. Secara historis lubang terbentuk di area tersebut akibat penambangan tanah liat," kata manajer Pemadam, Stuart Grosse.

Menulis tentang penambangan di area tersebut, seorang sejarawan setempat mengatakan, pada masa lalu penduduk kawasan Naphill dan Walters Ash menambang tanah liat untuk dijadikan batu bata. "Juga menggali kapur untuk lahan pertanian dan batu untu membuat bangunan dan material jalan."

Sejarah mencatat, kegiatan tersebut dilakukan pada awal tahun 1800-an sampai 1950-an.

Cuaca basah baru-baru ini mungkin telah menyebabkan lubang terbuka, dengan mengikis tanah yang rapuh.

Kini, pengawas bangunan setempat diterjunkan untuk menilai apakah properti di rumah Conran aman untuk digunakan. Para penghuni rumah berharap, karena tak ada struktur bangunan yang rusak, mereka bisa tetap tinggal di sana dan akan membangun beton penghalang untuk mencegah insiden serupa terjadi.

Bisa Telan Korban Jiwa

Sinkhole terbentuk saat air melarutkan mineral di batuan dasar, membuat struktur di permukaan tanahnya bertenger di atas material yang rentan. Menunggu hancur.

Sinkhole yang sedang dalam proses pembentukan, petunjuk keberadaannya bisa ditemukan pada struktur di atasnya. Misalnya, tiang pagar yang kendur atau merosot, pepohonan yang rebah. Tanda-tanda yang lebih halus termasuk pintu dan jendela yang tak menutup semestinya.

Hujan lebat bisa memicu runtuhnya sinkhole, yang awalnya terbentuk secara perlahan. Ketika air hujan terkumpul di sebuah area, yang sebelumnya tak pernah tergenangi air, bisa jadi itu sebuah pertanda.

Sinkhole juga bisa menelan manusia. Seperti yang terjadi di Tampa, Florida, Amerika Serikat, Maret 2013 lalu.

Lubang besar berdiameter 9 meter itu menelan kamar tempat Jeffrey Bush (37) sedang tidur di dalamnya. Jasad korban tak pernah ditemukan. [Baca kisahnya: Ngeri! Lubang Besar Mendadak Muncul di Florida, 1 Pria 'Tertelan'] (Ein/Sss)

Baca juga:

Fakta Lubang Sinkhole Yang Bisa Selamatkan Nyawa Anda!
Sinkhole `Telan` Empang di Bosnia, Warga: Pertanda Kiamat...
Laut Mati Terancam Lenyap `Ditelan` Sinkhole?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini