Sukses

Bantu Distribusi Logistik Pemilu, TNI AD Siap Turunkan Water Jet

TNI Angkatan Darat memastikan bersedia membantu KPU dalam pendistribusian logistik pemilu di beberapa daerah terpencil.

TNI Angkatan Darat memastikan bersedia membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pendistribusian logistik pemilu di beberapa daerah terpencil di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, nantinya TNI AD akan menurunkan water jet untuk membantu pendistribusian tersebut.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Budiman mengatakan, water jet tersebut dapat mengangkut sedikitnya 50 orang dengan kecepatan maksimum 30 hingga 40 knot di atas permukaan air.

"Kita siapkan juga kapal angkutan air kita, kebetulan kita sudah membuat produk dalam negeri yaitu water jet," kata Budiman di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu (12/2/2014).

Dijelaskan Budiman, water jet tersebut bukan merupakan pembelian alutsista dari luar negeri, melainkan produk yang dihasilkan dari perusahaan pembuat kapal ternama di Indonesia.

"1 Kapal seharga Rp 12 miliar, yang sudah dibuat sampai saat ini sudah 10 unit. Mudah-mudahan yang pertama jadi ini awal Maret, nanti kita demonstrasikan di Tanjung Priok," tambahnya.

Tak hanya itu, Budiman menjelaskan, pihaknya juga akan menyiapkan beberapa kendaraan TNI AD lainnya untuk membantu pendistribusian dan pengamanan pemilu mendatang seperti helikopter dan beberapa jenis pesawat.

"Segera kita drop motor-motor Bintara Pembina Desa (Babinsa). Kemudian Komandan Kodim (Dandim) segera kita turunkan, dan sebagian bus kecil untuk Kodim. Kemudian kita siapkan untuk helikopter kita, pesawat cassa kita," tutup Budiman. (Tnt/Sss)

Baca juga:

Heli TNI AD Siap Antar Distribusi Logistik Pemilu

KSAD Waspadai Gerakan Militan Pengacau Pemilu

Pengamanan Pemilu, KSAD: Kami Tidak Hitung-hitungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.