Sukses

Bus Terintegrasi Busway Beroperasi, Sopir Angkot Demo Jokowi

Menurut para sopir, seluruh penumpang akan lebih memilih BKTB ketimbang angkot.

Puluhan sopir angkot yang biasa mangkal di terminal bayangan Muara Angke, Jakarta Utara menggelar unjuk rasa. Mereka merasa dirugikan dengan kehadiran Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) yang melintasi Muara Angke.

Salah satu pengurus angkot jurusan KWK U-11 Kapuk-Muara Karang Udin (31) mengatakan, adanya BKTB yang melewati trayeknya itu membuat sopir angkot jurusan U-11 dirugikan. Sebab, seluruh penumpang akan lebih memilih BKTB ketimbang angkot.

"Kalau untuk sewa pasti berkurang, pasti nanti kelamaan penumpang lebih memilih BKTB. Kita bisa-bisa kekurangan pemasukan," kata Udin di terminal bayangan Muara Angke, Selasa (11/2/2014).

Udin meminta kepada pemprov agar BKTB tidak melewati trayek U-11 maupun trayek-trayek angkot lain. "BKTB ini jangan sampai masuk ke dalam PIK. Kami minta BKTB ini dari Pluit langsung ke Green Bay. Jadi tidak usah masuk ke PIK," ucapnya.

Dia khawatir, adanya BKTB membuat pendapatan sopir angkot menjadi berkurang. "Sopir BKTB ada gajinya, sedangkan kita kan tergantung setoran. Kalau setorannya sedikit, ya kita juga dapat sedikit," keluhnya.

Keluhan berkurangnya setoran itu juga disetujui sejumlah sopir angkot. Parono, misalnya, sopir angkot jurusan U-01 jurusan Grogol-Muara Angke mengaku sudah 3 hari ini pendapatannya berkurang dengan adanya BKTB yang juga melewati trayeknya.

"Ini saja sudah berasa, padahal baru 3 hari BKTB beroperasi. Tapi sedikit-sedikit penumpang kita lebih milih naik BKTB," keluhnya.

Sementara itu, puluhan sopir angkot tersebut kini telah bergerak ke kantor Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yaitu di Balaikota untuk menyampaikan protes mereka dengan adanya BKTB ini.

BKTB jurusan Pantai Indah Kapuk-Monumen Nasional (Monas) mulai beroperasi pada 5 Februari 2914.

Titik-titik pemberhentian BKTB 01 PIK-Monas ini di antarannya Fresh Market Pluit-Ruko Cordova-RS. PIK-Taman Suaka Margasatwa Angke-Jembatan Muara Angke-Green Bay-Pantai Mutiara-SMKN 54-Landmark-Pakin-Gedong Panjang-Museum Fatahillah-Kota-Harmoni-Monas-Balaikota-Gambir-Tugu Tani-Telkom.

Tarif tiket yang diterapkan untuk BKTB 01 adalah sebesar Rp 6.000 dan beroperasi selama 17 jam, dari pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB. (Mvi/Yus)

Baca juga:

Jokowi Luncurkan 18 Unit BKTB untuk Perumahan Elite
Jokowi: Mau Murah Naik Metromini, Mau Pakai AC Naik BKTB
Ahok `Galau` Pilih Naik BKTB atau Taksi Alphard


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini