Sukses

1 Tewas 6 Luka Akibat Longsor di Sulawesi Tengah

Longsor juga menyebabkan lalu lintas dari Sulteng menuju Sulsel, Gorontalo, dan Sulut, macet total.

Longsor terjadi di Jalur Kebun Kopi, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu 25 Januari kemarin. Satu orang dilaporkan tewas dan 6 lainnya terluka akibat longsor yang terjadi di Desa Uwentira itu.

Menurut Kapolres Parigi Moutong AKBP Novia Jayamengatakan korban tewas bernama Wahid. "Korban meninggal warga Desa Petapa, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong," kata Novia ketika dihubungi Liputan6 dari Palu, Minggu (26/1/2014).

Sedangkan korban luka-luka semuanya warga Desa Uwentira, Kabupaten Donggala, yakni Hasim yang mengalami patah kaki sebelah kiri, Ambo Upe patah pada paha kiri, Muh Tang luka di kepala, dan Musakir patah pada tangan kiri serta luka lecet pada kaki kanan.

Selain itu, tambah Novia, ada warga Morowali dan Poso juga yang menjadi korban. Mereka adalah Muamar mengalami luka robek di bagian pantat sebelah kiri dan Abdurahman luka robek pada jari telunjuk. "Usai dievakuasi, semua korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Anuntaloko Parigi Moutong, guna mendapatkan perawatan medis," ungkap dia.

Para korban itu tertimpa longsoran saat berteduh di salah satu rumah milik warga bernama Bedu Tang di Desa Uwentira. Saat itu hujan deras melanda wilayah tersebut. Namun, dengan tiba-tiba datang longsor berupa material batu dan tanah yang diduga berasal dari bukit sehingga menimpa sejumlah korban.

"Selain menelan korban jiwa dan luka-luka. Longsor tersebut juka mengenai sekitar 10 rumah dan menutup badan jalan," ujar Novia. Longsoran juga membuat arus lalu lintas di jalur yang menghubungkan antara Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Sulawesi Utara, lumpuh total. (Dji/Eks)

Baca juga:
11 Korban Longsor Kudus Ditemukan Tewas
Datangi Korban Longsor Semarang, JK: Segera Relokasi!
Kebanjiran, Pelayanan RSUD Donggala Lumpuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini