Sukses

Datangi Korban Longsor Semarang, JK: Segera Relokasi!

Dari dalam tenda-tenda yang disediakan oleh TNI, pria yang akrab disapa JK ini meminta para pengungsi untuk bersabar menghadapi bencana.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mendatangi tenda pengungsian korban longsor yang terjadi di Kampung Trangkil Baru, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah. Dari dalam tenda-tenda yang disediakan oleh TNI, pria yang akrab disapa JK ini meminta para pengungsi untuk bersabar dalam menghadapi bencana.

"Sebenarnya, daerah ini merupakan daerah resapan, dan mungkin ini teguran dari Tuhan karena salah lokasi. Jadi ini harus segera direlokasi," ujar JK di lokasi pengungsian, Semarang, Sabtu (25/1/2014).

Agar peristiwa ini tidak terulang lagi, JK yang merupakan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) juga berharap pemerintah di daerah tersebut untuk bersikap tegas dalam mengeluarkan surat izin membangun. Khususnya di daerah yang harusnya menjadi resapan air. "Ini butuh ketegasan dari pemerintah kota," katanya.

Pada kesempatan itu, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi yang hadir saat itu mengaku saat ini pihaknya sedang membahas rencana merelokasi 150 jiwa korban longsor itu ke rumah susun " Ini masih diinventarisir," kata Hendrar Prihadi.

Bencana tanah longsor yang terjadi pada Kamis 23 Januari lalu setidaknya telah menyebabkan sebanyak 43 rumah mengalami kerusakan. Baik kerusakan ringan hingga roboh atau rusak parah. Tak hanya itu, menurut Camat Gunungpati, Bambang Pramusinto jumlah rumah rusak selalu bertambah setiap harinya lantaran kondisi tanah yang bergerak. (Gen/Tnt)

Baca Juga:

Banjir di Semarang, Kereta Api Tujuan Jakarta Terhambat
[VIDEO] Sempat Selamat, Korban Longsor Kudus Meninggal
Terkepung Banjir, Stok BBM di Jepara Habis Sore Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

Video Terkini