Sukses

Terkepung Banjir, Stok BBM di Jepara Habis Sore Ini

Pertamina mengupayakan dengan pengamanan stok di SPBU terdekat dan SPBU yang tidak terendam banjir.

Kondisi 4 hari dikurung banjir memengaruhi stok BBM di Kabupaten Jepara. Bahkan sejak Kamis 23 Januari sore, persediaan premium dan solar tinggal sedikit. Diperkirakan hanya akan bertahan hingga Jumat (24/1/2014) sore.

Menurut Manajer Operasional SPBU Kota, Nano, banjir di Welahan menjadi penyebab tersendatnya pasokan. Di SPBU Kota pada Jumat pagi tinggal menyisakan sekitar 1.000 liter. Sedangkan stok solar masih 2.000 liter.

"Kalau pagi ini tidak ada pasokan, paling nanti sore semua jenis BBM sudah habis," kata Nano.

Pengelola SPBU Kalitekuk Tahunan, Saiful Rahmad, menyampaikan hal yang sama. Memang saat ini stok BBM jenis premium masih menyisakan 20.000 liter. Sedangkan stok solar masih sisa 8.000 liter.

"Untuk stok hari ini masih aman, tapi kalau hari ini tidak ada pasokan, sementara SPBU lain habis, dipastikan nanti sore juga habis," ujar Saiful.

Asisten Manajer External Relationship Manager PT Pertamina Marketing Operation Region IV Jawa Tengah-DIY Robert MV Dumatubun menyebutkan, selain Jepara, pihaknya juga mewaspadai minimnya stok di 15 SPBU di Kudus. Sebab saat ini 9 di antaranya sudah kehabisan premium. Truk SPBU tidak bisa melintas karena jalur masih tergenang air.

"Per laporan Kamis kemarin, yang masih ada BBM premiumnya adalah SPBU Papringan Kaliwungu, Prambatan Kidul, Klaling Jekulo, Jalan Raya Kudus-Pati Hadipolo, Jalan Raya Kudus-Pati KM 12, dan Jatiwetan," urai Robert.

Untuk suplai wilayah Jepara, Robert juga mengakui jika stok mulai menipis. "Hari ini Pertamina mengirim 12 armada tangki dengan pengawalan Polda Jateng untuk membuka jalan," kata Robert melalui pesan singkat kepada Liputan6.com.

Robert berharap semoga jalur lancar. Pertamina mengupayakan dengan pengamanan stok di SPBU terdekat dan SPBU yang tidak terendam banjir. (Ein/Sss)

Baca juga:

Banjir Parah, Jalur Demak-Kudus Ditutup
Banjir 3 Meter, Jepara, Pati, dan Kudus Evakuasi Besar-besaran
12 Orang Tewas Akibat Longsor di Kudus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini