Sukses

Paus Fransiskus: Internet Hadiah dari Tuhan, Tapi...

Paus Fransiskus yang rendah hati itu buka suara mengomentari internet, yang semakin marak saja digunakan berbagai kalangan.

Paus Fransiskus yang rendah hati itu buka suara mengomentari internet, yang semakin marak saja digunakan berbagai kalangan. Menurut Paus asal Argentina itu, internet merupakan berkah.

"Ini adalah sesuatu yang baik. Hadiah dari Tuhan," ucap Paus bernama lengkap Jorge Mario Bergoglio itu seperti dilansir dari Sydney Morning Herald, Jumat (24/1/2014).

Selain itu, Paus juga menganggap internet bisa mempersatukan umat.

"Dunia digital dapat menjadi lingkungan yang kaya dalam kemanusiaan, bukan jaringan kabel, tetapi orang-orang. Internet, khususnya, menawarkan kemungkinan besar untuk pertemuan dan solidaritas," jelasnya.

Kendati demikian, Paus juga memperingatkan, di balik keberkahan internet, juga ada kekuatan keburukan. Sebab internet bisa mengisolasi seseorang dari lingkungan.

"Cepatnya informasi yang didapat melalui internet melebihi kemampuan kita untuk menilai, dan ini tidak membuat bentuk yang lebih seimbang dan tepat untuk mengekspresikan diri. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk surfing web dapat membantu memperluas pengetahuan atau kehilangan arah. Keinginan untuk selalu online, bisa memiliki efek mengisolasi kita dari lingkungan, dari orang-orang terdekat kita," tutur dia.

Solusinya, sambungnya, dengan memperlambat lajunya. "Kita perlu, misalnya untuk memulihkan suatu rasa ingin tahu dan tenang. Saat inilah waktunya untuk diam dan mendengarkan," anjurnya.

Paus Fransiskus bukanlah Paus pertama yang menggunakan internet atau sosial media di dunia maya. Pendahulunya, Paus Benediktus XVI adalah Paus pertama yang menggunakan Twitter. Paus John Paul II adalah Paus pertama yang memuji internet pada tahun 2001.

Sementara akun Twitter untuk Paus @pontifex, yang dimulai oleh pendahulunya Paus Benediktus XVI, kini telah memiliki lebih dari 3,5 juta pengikut.

Kini Vatikan juga telah meluncurkan halaman Facebook dan sebuah portal berita online yang dapat diunduh sebagai aplikasi.  (Tnt/Sss)

Lihat juga:

Paus Fransiskus: Aborsi Sangat Mengerikan
[VIDEO] Paus Fransiskus Ajak Imam Miskin Naik Mobilnya
Harmoniskan Muslim & Kristen, Paus Fransiskus Akan ke Tanah Suci

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini