Sukses

Jokowi: Tanggul di Tebet Bukan Jebol, Tapi Tergerus

Jokowi menampik banjir yang terjadi di perumahan warga Kebon Baru, Tebet, lantaran tanggul kali Ciliwung jebol.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menampik bila banjir di perumahan warga di Jalan H Bawah RT 15 RW 9, Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan, dikarenakan tanggul kali Ciliwung jebol.

"Bukan jebol, di sini kampung, di tengah gini (aliran kali) air melimpas, meluap melewati tanggul," kata Jokowi usai meninjau lokasi bajir, Rabu, (22/1/2014).

Informasi yang beredar sejak tadi malam menyebut penyebab banjir adalah karena tanggul itu jebol, namun yang ada tanggul itu tergerus, lantaran beban air yang cukup besar dari kali Ciliwung.

"Ini tidak jebol, air melimpas jadinya tanggul itu tergerus, tapi bukan jebol, tapi informasi yang beredar itu jebol," kata dia.

Jokowi pun yakin, bila kondisi cuaca cerah, ketinggian banjir di perumahan terebut akan turun. Setelah turun, pihaknya akan mengambil langkah antisipasi sementara dengan menimbun pasir menutupi tanggul yang tergerus itu.

"Begitu nanti (air) turun langsung pasir kita naikkan agar lebih aman. Nanti sebentar lagi pasirnya akan datang," tandas mantan walikota Surakarta itu. (Edo/Yus)

Baca juga:
Banjir Rendam 56 Sekolah di Jakarta Utara
Jokowi Datangi Lokasi Tanggul Jebol Tebet
Tanggul Kali Ciliwung Jebol, Warga Diungsikan ke Jalan Perintis


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini