Sukses

Indonesia Dikepung Bencana, SBY: Seluruh Dunia Alami Hal Sama

Presiden SBY mengatakan, bencana yang terjadi saat ini bukan hanya masalah Indonesia, tapi juga terjadi di seluruh dunia.

Presiden SBY mengatakan, bencana yang terjadi saat ini bukan hanya masalah Indonesia, tapi juga terjadi di seluruh dunia. Di Indonesia bencana terjadi di banyak provinsi, meski tidak meluas seperti Jakarta, Manado, dan Tanah Karo.

"Untuk diketahui, BMKG menjelaskan bahwa iklim cuaca kita sampai Maret masih akan seperti ini. Sejumlah provinsi ada bencana banjir atau tanah longsor, meskipun tidak meluas di masing-masing provinsi itu, tapi ada. Sebenarnya seluruh dunia sedang alami hal yang sama," ujar SBY saat menerima Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini, dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/1/2014).

Menurut SBY, perubahan iklim membuat bencana yang dihadapi tiap wilayah atau negara tidak sama. "Saya mengikuti, bahkan di satu sisi banjir, di sisi lain ada kebakaran hutan. Itulah beragam iklim dan cuaca secara global," paparnya.

Sebagai bentuk perhatian pada bencana yang terjadi di Indonesia, SBY mengaku sudah menghubungi para gubernur yang wilayahnya ikut terkena bencana, meski dalam skala kecil.

"Tadi saya bicara langsung dengan gubernur yang sedang menangani musibah bencana lain, antara lain Gubernur Jambi, Bengkulu, Jateng, Sulsel, dan Maluku. Semua sedang mengelola dan menangani banjir di tempatnya masing-masing," jelas SBY.

SBY menyatakan bersyukur karena di daerah tersebut bencana tidak sampai memakan korban jiwa. "Meskipun alhamdulillah korban jiwa tidak ada, tapi tetap harus kita kelola dengan baik. Sebelumnya saya bicara dengan Gubernur Jakarta Jokowi, Sumut, Sulut, dan kemarin Jabar," beber SBY.

Siang ini pun SBY rencananya akan berkunjung ke Karawang, Jawa Barat, "Untuk melihat seberapa jauh genangan air di sawah-sawah yang akan berimplikasi pada produksi padi kita pada awal tahun ini."

Turut mendampingi SBY dalam pertemuan itu Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam. (Ado/Mut)


Baca juga:
Pohon Terendam Banjir, Petani Karet di Lampung `Libur`
Tanggul Pompa Air Setiabudi Longsor, Kuningan Terancam Tenggelam
Bekas Landasan Pacu Kemayoran Tergenang, Sedan Tak Bisa Melintas



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • SBY