Sukses

Tanggul Pompa Air Setiabudi Longsor, Kuningan Terancam Tenggelam

Bila semua dinding tanggul roboh, maka air bisa menggenang kawasan Rasuna Said hingga Manggarai.

Dampak hujan deras yang mengguyur beberapa pekan terakhir di Jakarta mengakibatkan longsornya tanggul Pompa Air Setiabudi, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Panjang tanggul yang longsor berkisar 20 meter.

Suku Dinas Pekerjaan Umum telah mengetahui retakan tanggul sejak Sabtu 18 januari lalu. Menurut Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Agus Priyono, longsor terparah terjadi pada Minggu 19 Januari 2014.

"Kalau mulai retaknya memang hari Sabtu, pas Manggarai ketinggiannya 900 cm lebih, ini langsung longsor," ujar Agus Priyono, Selasa (21/1/2014).

Sejumlah masyarakat dan Prajurit Kostrad diterjunkan melakukan perbaikan tanggul tersebut. Sebanyak 10.000 karung pasir dan bronjong batu disiapkan untuk membuat tanggul sekunder.

"Kami dapat perintah dari Pak Jokowi jam 8, kami langsung ke sini untuk membantu perbaikan," ujar Letkol Agus S saat ditemui di lokasi.

Menurut Agus, Kostrad menerjunkan 176 personel. Para prajurit mulai semalam langsung mengebut pengerjaan perbaikan itu.

"Semua material kita sudah siapkan, bronjong dan lainnya kita siapkan. Soalnya kalau sampai air meluap ini bisa sampai ke arah timur (Manggarai)," jelasnya. "Menurut BMKG besok ini curah hujan tertinggi, jadi mau tidak mau malam ini harus selesai."

Menurut Letkol Agus, bila semua dinding tanggul roboh, maka air bisa menggenang kawasan Rasuna Said hingga Manggarai. Oleh karena itu, pihaknya mengebut agar perbaikan bisa segera selesai. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini