Sukses

Air di Katulampa Naik Drastis Jadi 170 Cm, Status Siaga II

Diperkirakan air Kali Ciliwung akan sampai di Jakarta pada pukul 23.00 WIB.

Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Bogor pada pagi ini membuat ketinggian air di Bendungan Katulampa naik drastis. Pada pukul 11.30 WIB air ketinggian air di Katulampa mencapai 170 centimeter. Status Siaga II pun diberlakukan.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan kenaikan volume air di Bendungan Katulampa terjadi begitu cepat, karena pukul 09.00 WIB masih di angka 130 centimeter.

"Pukul 10.00 pagi naik menjadi 140 cm dan sekarang pukul 11.30 WIB naik lagi secara drastis menjadi 170 centimeter," jelas Andi kepada Liputan6.com di Bogor, Selasa (21/1/14).

Andi melanjutkan, kenaikan ini disebabkan curah hujan di kawasan Puncak yang masih tinggi. Sehingga debit air pun menjadi tinggi. "Kawasan Puncak seperti Rindu Alam, TWM, Gadog dan Cipayung diterpa hujan disertai angin kencang sejak dini hari," ungkap Andi.

Menurutnya, dengan ketinggian 170 centimeter atau di level Siaga II tersebut diperkirakan volume air yang melewati Bendungan Katulampa sebanyak 339 ribu liter per detik. Diperkirakan air Kali Ciliwung akan sampai di Jakarta pada pukul 23.00 WIB.

Saat ini, wilayah Puncak masih hujan. Namun dengan intensitas yang rendah. "Puncak masih terpantau hujan sedang," ungkap dia.

Pihaknya masih terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak, Depok, dan Jakarta, untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran sungai ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," pungkas Andi. (Eks/Ism)

Baca juga:
Jalan Daan Mogot Masih Banjir, `Pak Ogah` Raup Untung
Banjir Jakarta Jadi `Taruhan Berat` Jokowi Disorot Dunia
Hujan Deras, Pintu Air di Jakarta Naik Level Siaga II dan III







* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini