Sukses

Hujan Deras, Pintu Air di Jakarta Naik Level Siaga II dan III

Hujan disertai angin kencang mengguyur Jakarta Selasa pagi ini. Kondisi tersebut mengakibatkan ketinggian air di beberapa pintu air naik.

Hujan disertai angin kencang kembali mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya pada Selasa pagi ini. Kondisi tersebut mengakibatkan hampir seluruh pintu air di wilayah Jakarta berada pada level Siaga III dan Siaga II.

Kepala Bidang Informatika dan Pengendalian BPBD DKI Edi Junaedi mengatakan, kondisi pintu air di hampir seluruh wilayah DKI jakarta mengalami kenaikan pagi ini karena hujan sejak dini hari tak kunjung berhenti.

"Kondisinya memang sebagian pintu air mengalami kenaikan," ujar Edi saat dihubungi Liputan6.com, selasa, (21/1/2014).

Ia pun menyebutkan, hingga pukul 06.30 WIB pintu air yang mengalami kenaikan diantaranya adalah Pintu Air Manggarai yang saat ini ketinggiannya mencapai 810 cm dan berada pada level Siaga II, kemudian pintu air Karet dengan ketinggian air mencapai 540 cm dengan level Siaga II dan Angke Hulu di ketinggian 220 cm di level Siaga III.

"Sementara untuk ketinggian Pintu Air di Pesanggrahan, Pulogadung, Waduk Pluit, Pasar Ikan, Krukut Hulu, Sunter Hulu, dan Cipinang hulu seluruhnya sama, berada pada level siaga IV," beber Edi.  

Sedangkan pintu untuk kondisi ketinggian air di Kali Ciliwung Depok yang mengaliri air dari Katulampa Bogor, saat ini berada pada level Siaga III dengan ketinggian air mencapai 205 cm.

Kepala Bendungan katulampa Andi Sudirman mengatakan, ketinggian air di Depok dapat meningkat bila curah hujan di kawasan Bogor hingga siang ini terus bertambah. "Kalau di wilayah Puncak hujan hingga siang nanti, statusnya akan naik," jelas Andi.

Kondisi Bendungan Katulampa saat ini mengalami peningkatan dari Siaga IV menjadi Siaga III pada pagi ini. "Saat ini ketinggian air naik 120 cm dan Katulampa saat ini statusnya pada level Siaga III," ujar Andi. (Luq/Tnt)

Baca juga:

Bukan Lautan Hanya `Kolam Banjir`
Ini Penjelasan BMKG Soal Banjir di Manado dan Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini