Sukses

Ahok Usulkan Posko Pengungsian Banjir Terpusat 1 Lokasi

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginginkan agar posko pengungsi dipusatkan disatu lokasi saja

Banjir masih menggenang sejumlah wilayah DKI Jakarta. Posko bantuan dan pengungsian bagi para korban banjir pun disediakan, baik dari pemerintah maupun dari lembaga lainnya. Namun kondisi posko yang tersebar dan tidak beraturan, menjadi permasalahan baru bagi Pemprov DKI.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menginginkan agar posko pengungsi dipusatkan di satu lokasi saja. "Salah satu langkah penanganan banjir jangka pendek, terutama bagi para pengungsi. Kita sedang coba usulkan agar para pengungsi itu dipusatkan di satu posko saja," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Senin (20/1/2014).

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengusulkan sejumlah tempat yang dapat dijadikan sebagai pusat posko pengungsian, seperti Asrama Haji, Bumi Perkemahan Cibubur, dan Gelanggang Olah Raga (GOR).

Sebab ia menilai, lokasi tersebut cukup luas untuk menampung para korban banjir yang jumlahnya ribuan. Selain itu, kondisinya juga dianggap layak, dengan ketersediaan kamar mandi, air bersih, dan lainnya. "Jadi mudah juga kita mengaturnya. Masyarakat tetap bisa hidup bersih," ujarnya.

Selain itu, menurut Ahok, pemusatan tempat pengungsian dapat memudahkan penyaluran bantuan logistik dan makanan kepada para korban banjir.

Ahok juga meyakini, bila sistem tersebut dijalankan, warga yang tadinya menolak diungsikan, akan bersedia mengungsi karena di lokasi-lokasi itu para pengungsi dapat hidup dengan layak. "Mereka kan juga akan disediakan makanan untuk 3 kali sehari kalau seperti itu," kata dia.

Sejauh ini, pria berkacamata itu menilai, penyaluran bantuan kepada para korban banjir tidak dapat dikontrol dengan mudah, sehingga mengakibatkan distribusi bantuan menjadi tidak merata.

"Karena ada juga kejadian, misalnya perusahaan ingin memberikan bantuan, tapi tidak tahu harus menyalurkan ke mana. Kalau dipusatkan, tentu kita bisa mengontrol tempat pengungsian mana saja yang masih membutuhkan bantuan," tandas Ahok.  (Luq/Riz)

Baca Juga :

Cara Ahok Atasi Warga yang Hobi Makan Gratis di Pengungsian
RAPBD DKI 2014 Molor, Ahok: Banjir dan Macet Pakai CSR Aja
Jokowi Geram Warga Jebol Tanggul Kanal Banjir Barat



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.