Sukses

Jokowi Geram Warga Jebol Tanggul Kanal Banjir Barat

"Ini kok tanggul diputus, ini bahaya banget, sangat membahayakan sekali," ujar Jokowi.

Gubernur DKI Jokowi mengunjungi bantaran Kanal Banjir Barat yang terletak di samping Gedung Blok G Pasar Tanah Abang atau tepatnya di seberang perlintasan kereta api. Di lokasi itu, Gubernur bernama lengkap Joko Widodo itu tampak kesal saat melihat ulah warga yang secara sengaja menjebol tanggul Kanal Banjir Barat itu.

"Ini kok tanggul diputus? Ini bahaya banget, sangat membahayakan sekali," ujar Jokowi saat meninjau lokasi tanggul tersebut, dikawasan Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu, (19/1/2014).

Menurut Jokowi, ulah warga itu dapat menyebabkan banjir semakin meluas. Apalagi jika debit air di Kanal Banjir Barat semakin tinggi.

Jokowi juga akan segera menggusur warga yang tinggal di kolong fly over Jatibaru, yang merupakan akses jalan ke pusat perbelanjaan Tanah Abang itu.

"Ya mereka harus segera dipindahin, direlokasi. Tidak ada alternatif lain, karena ini sudah membahayakan orang lain," ujar Jokowi.

"Ini secepatnya harus direlokasi, kita tempatkan nanti di Rusun," tambah Jokowi tanpa menyebut di rusun mana warga yang itu akan ditempatkan.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi yang mengenakan baju kotak-kotak itu menuju ke permukiman liar yang berbentuk gubug-gubug di bantaran Kanal Banjir Barat. Jokowi langsung memberikan bantuan kepada warga.

"Ris (Jokowi memanggil salah satu ajudannya), bantuannya langsung diturunin saja di sini," perintah Jokowi. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.