Sukses

Gunung Meletus, TPS Pemilu di Sinabung Akan Dipindahkan

Tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Sinabung akan dipindahkan jika erupsi tak juga berhenti.

Bencana alam erupsi Gunung Sinabung Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), hingga saat ini masih terus terjadi. Setidaknya lebih dari 25 ribu warganya mengungsi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan, apabila bencana erupsi Gunung Sinabung tidak berakhir hingga April nanti, maka tempat pemungutan suara (TPS) saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 di wilayah tersebut akan dipindahkan.

"TPS bisa berubah tempat dan dipindahkan, perubahan tempat saja. Secara spesifik itu perlu ada penataan, pengungsi yang ada, agar bisa diintegrasikan dengan DPT yang ada. Saya yakin KPU Sumut sudah mengkomunikasikan," kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiansyah, kepada Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (16/1/2014).

Ferry juga mengimbau kepada KPU setempat, untuk melakukan komunikasi dengan pihak terkait. Seperti pemerintah daerah dan dinas kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) setempat, agar pemilu nantinya tidak menghilangkan hak politik warga negara.

Karena tidak menutup kemungkinan, para pengungsi Gunung Sinabung ada yang usianya baru memasuki 17 tahun ketika bencana terjadi dan sudah memiliki hak suara pada Pemilu 2014. "Sehingga teman daerah antisipasi logistik, tentunya kita berharap teman-teman daerah koordinasi dengan pemerintah daerah, dan pihak terkait," ujar Ferry. (Mvi)

Baca juga:

Imbas Erupsi Gunung Sinabung di Pertanian Mencapai Rp 712 Miliar
Ancaman Banjir Lahar Dingin Sinabung Masih Sangat Besar
Pengungsi Sinabung Kini Mencapai 25.810 Orang


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.