Sukses

Pengungsi Sinabung Kini Mencapai 25.810 Orang

Pengungsi erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, hingga Selasa (14/1/2014) mencapai 25.810 orang atau 8.040 kepala keluarga

Pengungsi erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, hingga Selasa (14/1/2014), mencapai 25.810 orang atau 8.040 kepala keluarga. Mereka ditampung di 38 Posko Kabanjahe.

Koordinator Media Center Penanggulangan Bencana Sinabung Posko Kabanjahe, Jhonson Tarigan menyebutkan bahwa jumlah pengungsi akibat fenomena alam tersebut, setiap harinya terus bertambah.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Karo bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, dan instansi terkait lainnya agak kesulitan mencari lokasi penampungan. "Karena tempat penampungan di Kota Kabanjahe cukup padat, dan tidak mungkin para pengungsi yang baru digabungkan di lokasi tersebut," ucap Jhonson.

Dia menyebutkan, Pemkab Karo saat ini sedang bekerja keras untuk mencari lokasi penampungan yang baru, mengingat jumlah pengungsi akibat letusan gunung berapi itu terus bertambah setiap hari. Bahkan, saat ini jumlah lokasi penampungan pengungsi di Kabanjahe tercatat sebanyak 38 Posko, dan diperkirakan akan terus bertambah.

"Ini merupakan tugas Pemkab Karo, BPBD Sumut, dan instansi lainnya untuk mencarikan tempat penampungan pengungsi yang aman," ucap juru bicara Pemkab Karo.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi meningkatkan status Gunung Sinabung dari level Siaga menjadi Awas terhitung mulai Minggu 24 November 2013 sekitar pukul 10.00 WIB.

Status awas tersebut berpotensi menyebabkan makin meluasnya lontaran material berukuran 3-4 cm yang jaraknya diperkirakan mampu mencapai 4 km. Masyarakat yang bermukim dalam radius 5 km dari kawah Gunung Sinabung pun direkomendasikan untuk diungsikan. (Ant/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini