Sukses

Tinjau Korban Banjir Kampung Pulo, JK Bagi-bagi Duit `Goceng`

Mantan wakil presiden itu akrab menyapa para korban banjir Kampung Pulo yang mengungsi di Gedung Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur.

Ketua Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla meninjau posko banjir Kampung Pulo di Gedung Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur. JK sapaan akrab Jusuf Kalla itu tak segan berbincang dengan para warga korban banjir. Dengan mengenakan batik berwarna biru, mantan wakil presiden itu menyapa salah satu warga.

"Dari kapan di sini, Bu? Bagaimana makanannya cukup? Cukup air?" tanya JK pada seorang ibu di posko banjir Sudin Kesehatan Jakarta Timur, Selasa (14/1/2014).

"Cukup, Pak," jawab ibu itu singkat.

Usai berbincang dengan ibu tersebut, JK juga membagi-bagikan uang pecahan Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu atau goceng dan ceban kepada beberapa anak kecil di posko pengungsian itu.

Selain itu, JK juga mengimbau seluruh instansi terkait agar cepat tanggap dalam proses penyelamatan korban banjir.

"Semua instansi yang terlibat dalam penyelamatan ini siap. Kita tidak perlu waswas," tukas JK.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi juga hari ini mengunjungi sejumlah lokasi banjir. Tepatnya di Jalan Kembangan Utara, RT 02 RW 01, Cengkareng. Walau tidak lagi diguyur hujan sejak kemarin, kawasan tersebut masih banjir hingga 1,5 meter. Ia membagi-bagikan sembako dan buku tulis, naik perahu karet pakai sandal jepit.

Selasa ini genangan air yang melanda sebagian wilayah DKI Jakarta mulai surut. Bendungan Katulampa di Bogor, Jawa Barat, pun berangsur normal. Ketinggian bendungan yang semula berada pada level Siaga IV mulai turun sebanyak 50 cm sejak semalam, sekitar pukul 22.00 WIB.

Namun, untuk warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk tetap berhati-hati dan waspada dengan perubahan cuaca yang ekstrem. (Ali/Ein/Sss)

Baca juga:

Ruko di Kampung Pulo Terendam, Pedagang Sebut `Buang Sial`
Banjir Surut, Warga Kampung Pulo Berbenah
Pasukan Elite TNI AU Diterjunkan ke Lokasi Banjir Kampung Pulo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini