Sukses

Bendungan Katulampa Bogor Siaga 4, Jakarta Diminta Bersiap

Diperkirakan banjir kiriman ini akan tiba di Jakarta pada Minggu sore hari ini.

Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak, Bogor, dan sekitarnya sejak Sabtu 12 Januari malam, mengakibatkan debit air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat, hingga pukul 10.20 WIB mencapai 90 centimeter atau bertatus siaga 4.

Kepala Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan, volume air di Sungai Ciliwung mengalami peningkatan sejak pukul 05.00 WIB. "Di Puncak sudah turun hujan dari pagi tadi," jelasnya kepada Liputan6.com saat dihubungi, Minggu (12/1/14).

Bahkan, kata Andi, ketinggian air di Bendungan Katulampa sempat menyentuh angka 100 centimeter atau berstatus siaga 3. Namun menurun kembali ke level siaga 4. Kemungkinan arus air ini akan tiba di Jakarta sore ini.

"Debit air di aliran sungai Ciliwung tersebut akan tiba di Jakarta 12 jam kemudian. Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," jelas Andi.

Andi menegaskan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

Pantauan Liputan6.com, hingga saat ini hujan dengan intensitas sedang masih mengguyur Bogor. Bila hujan tidak berhenti selama beberapa jam, dimungkinkan volume air akan bertambah. (Rmn/Yus)

Baca juga:

Banjir, 60 Keluarga di Pondok Pinang Mengungsi
Dirundung Mendung, Lalu Lintas Jakarta Lancar Pagi Ini
Hujan Guyur Jakarta, Rumah Warga di Pondok Labu Terendam Banjir


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.