Sukses

Banjir, 60 Keluarga di Pondok Pinang Mengungsi

Hujan yang terjadi cukup lama mengakibatkan air Kali Pesanggrahan di Jakarta Selatan meluap.

Hujan yang mengguyur DKI Jakarta sejak Sabtu 11 Januari 2014 malam hingga Minggu dini hari tadi membuat sejumlah wilayah ibukota banjir. Salah satunya kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan, sekitar 60 keluarga warga Pondok Pinang, Jakarta Selatan mengungsi karena rumahnya terendam banjir.

"Di Pondok Pinang sudah 60 KK yang mengungsi," kata Petugas Informasi BPBD DKi Jakarta Maruli Tua, Minggu (12/1/2014).

Dia menjelaskan, hujan yang terjadi cukup lama mengakibatkan air Kali Pesanggrahan di Jakarta Selatan meluap. Akibatnya, 2 Kelurahan yang dilintasi kali itu, yakni Pondok Pinang dan Pondok Labu tergenang setinggi 40 centimeter, atau setinggi paha kaki orang dewasa.

Di wilayah Jakarta Timur, menurut data BPBD yang dihimpun hingga Sabtu malam, kawasan Cipinang Muara tergenang air setinggi 30 centimeter. Hingga Minggu dini hari, hujan di sebagian wilayah DKI Jakarta dan Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) sudah mulai berhenti, namun di beberapa wilayah masih terjadi.

Dari data Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) BPBD DKI Jakarta pada Minggu dini hari, cuaca di kawasan pintu air Pesanggrahan mendung tipis dengan tinggi air 130 centimeter (Siaga IV). Kemudian di pintu air Katulampa, Bogor, tinggi permukaan air 40 centimeter (Siaga IV).

Di kawasan Angke Hulu, hujan mengguyur dan terakhir pada pukul 01.00 WIB, tinggi pintu air 150 centimeter (Siaga III). Kemudian di Cipinang Hulu, cuaca masih gerimis dengan tinggi air 135 centimeter (siaga IV). (Ant/Riz/Yus)

Baca juga:

Hujan Guyur Jakarta, Rumah Warga di Pondok Labu Terendam Banjir
Depok Siaga IV, Banjir Kiriman Sampai Jakarta 6 Jam Lagi
Dirundung Mendung, Lalu Lintas Jakarta Lancar Pagi Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini